Gejala Kanker Otak Seperti Agung Hercules Kadang Muncul Mirip Migrain

Agung Hercules dan Pepi
Sumber :
  • Instagram/@agunghercules88

VIVA – Kabar duka datang artis Agung Hercules. Hari ini 1 Agustus 2019, komedian bernama lengkap Agung Santoso ini meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker otak stadium 4.

Kenapa Suhu Panas Sebabkan Sakit Kepala Hebat?

Kabar tersebut tentu mengejutkan semua pihak, pasalnya selama ini Agung selalu tampak sehat, bugar, dengan perawakan yang kekar. Apalagi Agung juga dikenal rajin olahraga dan nge-gym.

Dilansir WebMD, kanker otak termasuk salah satu kanker paling ganas, yang penyebarannya sangat cepat. Secara umum, kanker otak terbagi menjadi dua, yakni primer dan sekunder.

Wanita Sering Alami Migrain, Hati-Hati Berisiko Kena Penyakit Mematikan Ini

Kanker otak primer adalah kanker yang selnya berasal dari otak dan bisa menyebar ke bagian otak lain (tapi tidak pernah menyebar ke bagian tubuh lain).  Sedangkan kanker otak sekunder, sel kankernya berasal dari luar otak (organ tubuh lain), yang menyebar ke otak.

Kanker otak primer dibagi menjadi empat grade. Grade satu dan dua disebut tumor otak, sedangkan yang disebut kanker otak primer yakni grade tiga dan empat.  Agung Hercules mengaku mengidap kanker stadium 4 yaitu glioblastoma. Kondisi ini adalah yang paling ganas dan paling tinggi stadiumnya. 

Stres Berat Bisa Sebabkan Sakit Kepala, Begini Ciri-cirinya

Pada usia lanjut (60 ke atas) biasanya kanker otak langsung muncul pada stadium 4, sedangkan pada anak-anak atau dewasa muda biasanya kanker terjadi secara bertahap. Secara teori, harapan hidup pasien glioblastoma dengan pengobatan lengkap adalah dua tahun. Namun hasil ini tak bisa digeneralisir untuk semua pasien.

Tak hanya itu, gejala kanker otak sulit dikenali. terkadang bisa menyerupai gejala maag, flu, sakit kepala, mual, dan muntah. Meski demikian, yang paling sering terjadi adalah sakit kepala yang tidak khas dan sangat bervariasi. Ada yang seperti migrain, ada yang seperti vertigo, ada pula yang hanya muncul di pagi hari. 

Yang pasti, perlu waspada bila sakit kepala terus menerus, sulit disembuhkan, dan makin progresif. Selain gejala umum yang tidak khas, ada pula gejala lain sesuai dengan lokasi kankernya. 

Bila kanker tumbuh di pusat bicara (otak besar), maka gejalanya mungkin kesulitan bicara. Bila kanker ada di otak kecil, biasanya gejala berupa vertigo. Sedangkan bila tumor ada di batang otak, umumnya ada penurunan kesadaran. Batang otak hanya seukuran ibu jari orang dewasa. Bila ada kanker di sana bisa dipastikan langsung muncul gangguan.

Jika Anda mengalami gejala tersebut terutama sakit kepala yang sering muncul seperti vertigo atau migrain, maka disarankan agar segera melakukan pemeriksaan MRI. 

Selain itu perlu juga lakukan medical check up rutin, sehingga kanker otak bisa dideteksi secara dini dan segera dilakukan pengobatan. Jika segera ditangani maka angka keberhasilan pengobatan akan lebih tinggi. (ldp)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya