Cara Mudah Ukur Kelebihan Berat Badan Pakai Tali

Ilustrasi menurunkan berat badan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Jika Anda merasa curiga berat badan seperti bertambah dan perlu menurunkannya, tak perlu repot menghitung-hitung dengan Indeks Massa Tubuh (IMT). Yang Anda butuhkan cukup seutas tali.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Cara ini tidak hanya mudah dan cepat, tapi juga bisa memperlihatkan masalah kesehatan yang berhubungan dengan kelebihan berat badan atau obesitas. Masalah kesehatan itu meliputi penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Bahkan, cara ini diklaim jauh lebih efektif dari menghitung IMT. Trik bagus ini merupakan temuan Dr Margaret Ashwell, yang membaginya dalam acara The Truth About Obesity di stasiun televisi BBC tahun lalu.

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Obesitas

Dilansir dari laman Mirror, sebelum Anda melakukan tes ini, penting untuk diketahui bahwa ukuran pinggang Anda tidak boleh lebih dari setengah tinggi badan Anda. Jadi, yang Anda butuhkan adalah ambil seutas tali dan potong dengan ukuran yang sama dengan tinggi badan Anda.

Kemudian, Anda lipat setengah tali itu dan lingkarkan di pinggang Anda. Jika kedua ujung tali itu bisa bertemu atau saling tumpang tindih, maka Anda punya berat badan yang sehat.

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

Tapi, jika Anda kesulitan mempertemukan ujungnya, artinya Anda kelebihan berat badan atau obesitas, yang diindikasikan oleh tingginya kadar lemak visceral (atau perut). Lemak visceral, yang berada di sekitar organ vital di perut, adalah sinyal bahaya yang efektif karena jika terlalu banyak akan memicu penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

"Lemak ini adalah kehadiran fisik yang membalut sekitar jantung, hati, pankreas, dan itu meningkatkan faktor risiko diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi," kata Dr Ashwell.

Dia juga menekankan bahwa ini adalah cara yang lebih akurat untuk mengukur kesehatan Anda daripada menghitung IMT Anda, karena orang dengan IMT yang sehat masih dapat memiliki lemak visceral. (tsy)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya