Curiga Punya Masalah Sendi? Coba Lakukan 4 Gerakan Ini

Radang sendi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Osteoarthritis merupakan sebuah kondisi, di mana sendi terasa nyeri. Semua sendi diketahui dapat terkena penyakit tersebut. Tapi, yang paling sering adalah lutut, punggung, leher, bahu, siku, tangan, dan telapak kaki.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Salah satu contoh gejala osteoarthritis, misalnya tahun lau Anda bisa naik tangga hingga enam lantai, tapi sekarang sudah tidak sanggup lagi dan terasa nyeri. 

Untuk memastikan apakah memiliki masalah sendi atau tidak, coba lakukan beberapa gerakan berikut ini, seperti yang diungkapkan oleh Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi dr Deasy Erika, Sp KFR, di Jakarta belum lama ini.

Petugas TPS dan KPPS Harus Fit di Hari Pemilu, Begini Tips Jaga Kesehatan dari PB IDI

Mengangkat tangan kanan

Dalam keadaan berdiri, cobalah untuk mengangkat tangan Anda lurus ke atas. Lalu, gerakkan ke atas dan ke depan. Jika ada bunyi 'krek' pada bahu, berarti Anda berisiko memiliki masalah sendi.

Apa Itu Frozen Shoulder? Dapat Sebabkan Seseorang Sulit Gerakan Bahu

Mengangkat tangan kiri

Lakukan hal yang sama pada tangan kiri Anda. Jika pada saat digerakkan bahu berbunyi, Anda patut waspada dan segera konsultasi ke dokter.

Kaki kanan

Masih dalam keadaan berdiri, coba tekuk lutut Anda. Kemudian gerak-gerakan lurus ke bawah dan tekuk kembali lutut Anda. Lakukan gerakan ini secara berulang. Jika muncul bunyi di lutut, periksa ke dokter untuk memastikannya.

Kaki kiri

Lakukan hal yang sama pada kaki kiri Anda. Ciri yang paling mudah dikenali, adalah ada suara 'krek' pada sendi-sendi Anda, termasuk sendi lutut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya