Awas, Osteoarthritis Bisa Menyerang Pekerja Kantoran Berusia Muda

Ilustrasi Pekerja Kantoran/Pegawai
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Penyakit osteoarthritis bisa menyerang mereka yang berusia produktif. Salah satu penyebab osteoarthritis di usia dini, adalah obesitas. Sebab, pada saat kita berdiri tegak, lutut menanggung beban 6-7 kali dari berat badan. 

2 Tanda Peringatan Arthritis yang Sebabkan Nyeri Sendi

Jadi, bisa dibayangkan kalau berat badan Anda 100 kg, berarti lutut Anda menanggung beban 600-700 kg. Apalagi, jika Anda wanita yang gemar menggunakan sepatu hak tinggi, ditambah ruangan kerja Anda berada di lantai tiga.

Untuk mencegah osteoarthritis, Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi dr Deasy Erika, Sp KFR, saat ditemui di Jakarta baru-baru ini, menjelaskan beberapa gerakan yang harus dihindari. Berikut daftarnya:

Kenali Gejala dan Pengobatannya agar Terhindar dari Radang Sendi

Kaki ditekuk terlalu lama

Jika Anda bekerja seharian di kantor dan duduk dalam jangka waktu lama, lutut cenderung ditekuk, Hal itu bisa memicu timbulnya gangguan pada sendi.

Psoriasis Tak Ditangani dengan Baik Bisa Picu Radang Sendi

Duduk membungkuk

Posisi duduk yang tidak baik, yaitu terlalu membungkuk, juga berisiko menimbulkan osteoarthritis. Untuk itu, perbaiki cara duduk Anda menjadi lebih tegak.

Mengambil barang jatuh

Saat mengambil barang yang terjatuh, jika Anda sedang dalam posisi berdiri, Anda tidak boleh langsung membungkuk. Cobalah untuk jongkok terlebih dahulu, baru mengambil barang. Hal ini dilakukan. agar sendi punggung Anda tidak mengalami cedera.

dr. Deasy menambahkan, jika muncul rasa sakit disertai nyeri inflamasi, bengkak luar biasa sampai rasa panas, kompres dengan air es. Tapi, kalau cuma nyeri biasa, cukup istirahat, kompres air hangat, minum analgetik dan oleskan obat yang mengandung glukosamin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya