Menguak Pantangan Minum Susu Murni untuk Penderita Ginjal

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Pixabay/manolofranco

VIVA – Susu merupakan salah satu minuman favorit banyak orang. Selain rasanya yang lezat susu juga digadang-gadang mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti kalsium, vitamin D, dan protein.

Tinggal di Sini 100 Hari Bisa Awet Muda

Salah satu jenis susu yang kaya akan nutrisi adalah susu sapi murni. Susu jenis ini tidak melalui banyak proses pengolahan, sehingga susu murni tidak mengalami penambahan atau pengurangan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Konsumsi susu sapi murni tidaklah sulit, susu cukup dimasak dengan api kecil agar bakteri-bakteri di dalam susu tersebut mati dan kualitas susu tetap baik. Banyak orang meyakini konsumsi susu murni dapat membuat tulang lebih kuat, kulit menjadi halus, anti penuaan, menambah energi, dan membuat anak lebih cerdas.

Dijuluki Vampirnya Indonesia karena Awet Muda, Ricky Harun: Makan Darah Suci

Tapi di balik khasiatnya yang luar biasa, ada anggapan bahwa penderita penyakit ginjal tidak diperbolehkan mengonsumsi susu murni, karena tinggi protein dan fosfor yang diketahui menjadi pantangan bagi penderita penyakit ginjal. Benarkah demikian? Lalu, apa saja fakta dan mitosnya?

Spesialis gizi klinis, DR. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK(K), akan memaparkan lebih jauh seputar hal ini pada tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, Rabu, 7 Agustus 2019.

Bukan Cuma Mengencangkan Otot, Pilates Ternyata Bikin Awet Muda, Kok Bisa?

Selain itu, ada pembahasan mengenai buah-buahan yang bikin awet muda. Awet muda dan kulit kencang adalah dambaan setiap orang, berbagai cara dilakoni agar seseorang nampak terlihat lebih muda di usianya yang tak lagi muda. Mulai dari melakukan suntik vitamin hingga operasi plastik.

Teknologi estetik untuk peremajaan kulit pun berkembang cukup pesat, namun tetap ada risiko yang harus diterima. Selain kocek yang tidak kecil nilainya, efek samping dari perawatan dengan teknologi kekinian bisa saja muncul.

Tapi tahukah Anda, ada cara alami dan aman yang dapat Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan kocek dengan nilai fantastis dan minim risiko. Ya, konsumsi buah-buahan secara rutin konon katanya dapat membuat kita nampak terlihat awet muda.

Benarkah? Lalu, buah-buahan apa saja yang dimaksud? Kenapa buah-buahan bisa bikin awet muda?

Pembahasan lengkapnya juga akan dipaparkan oleh Spesialis gizi klinis, DR. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK(K), dalam acara yang sama. Jangan lewatkan tayangan live streaming AHS di laman VIVA.co.id  dengan klik tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya