Jangan Asal Minum, Ini Bedanya Suplemen Herbal Pria dan Wanita

Ilustrasi Ramuan Obat Herbal
Sumber :
  • Pixabay/ condesign

VIVA – Khasiat dari pengobatan herbal sebenarnya sudah lama diketahui manfaatnya bagi kesehatan. Meski demikian, masih banyak informasi keliru mengenai obat herbal, seperti salah satunya terkait dengan kebutuhan obat herbal bagi pria dan wanita.

Terungkap, Penyebab Tingginya Risiko Penyakit Wasir Bagi Ibu Hamil

Banyak yang menganggap bahwa obat atau suplemen herbal yang harus dikonsumsi pria dan wanita sama. Padahal pria dan wanita dewasa memiliki kebutuhan asupan nutrisi yang berbeda. Khususnya pria dewasa dengan aktivitas fisik aktif membutuhkan asupan nutrisi yang dapat membuatnya dapat memiliki performa yang prima 

"Faktor yang menyebabkan perbedaan kebutuhan nutrisi antara lain ukuran tubuh, massa otot, aktivitas fisik, penyakit dan tahapan hidup. Ukuran tubuh dan massa otot pria cenderung lebih besar dari wanita," ungkap  
Praktisi Kesehatan Holistic & Homeopath, Tjokorda Gede Kerthyasa, saat peluncuran Herbamojo di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 7 Agustus 2019. 

Bio Insuleaf, Jamu Herbal Alami Gula Darah Tinggi Atasi Diabetes

Ia memaparkan mereka dengan aktivitas fisik yang lebih banyak membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda. Orang dengan penyakit tertentu membutuhkan nutrisi yang berbeda.

"Tahapan hidup seperti menstruasi, hamil, menyusui, dan menopause turut membedakan nutrisi pria dengan wanita. Konsumsi suplemen yang sesuai kebutuhan dapat membantu menjaga tubuh sehat dan memiliki kebugaran atau stamina yang prima," kata Tjokorda menambahkan.

Minum Jamu Rentan Idap Hepatitis, Ini Faktanya

Terlebih semakin tua, tingkat testosteron pria semakin menurun. Hal ini juga diperparah dengan tingkat stres yang semakin membuat kondisi hormon testosteron  memburuk. Oleh karenanya, selain tetap bugar dengan beraktivitas fisik, Tjokorda juga mengatakan penting untuk mengonsumsi suplemen herbal

"Di Indonesia, secara turun temurun, kita mengetahui bahwa salah satu cara agar tetap sehat dan bugar adalah dengan mengonsumsi herbal, seperti jahe merah dan herbal lainnya," kata dia. 

Ia menjelaskan bahwa jahe merah sendiri memiliki khasiat melancarkan peredaran darah dan energi, sementara maca yang mengandung lepidium meyeii juga berkhasiat meningkatkan tenaga dan performa olahraga, serta berfungsi sebagai afrodisiak. 

"Makanya untuk pria dewasa penting sekali mengonsumsi semua herbal ini untuk menunjang kebugaran," kata Tjokorda. (nda)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya