Jangan Sampai Seks Membosankan, Karena Jadi Pemicu 32% Perceraian

Ilustrasi pasangan suami istri
Sumber :
  • Pixabay/Smblake

VIVA – Semua pasangan pasti mendambakan kehidupan pernikahan yang harmonis dan mesra. Tapi sayangnya, tak sedikit yang pernikahannya justru berujung pada perceraian.

4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Suci Winata Masih Setia

Faktor penyebab perceraian pun beragam. Salah satu faktor yang memicu perceraian tersebut adalah masalah ranjang yang kurang memuaskan. Padahal, seks seharusnya bisa membuat pasangan suami istri semakin lengket.

"Penyebab perceraian selain dari ketidakharmonisan, ada 32 persen diakibatkan seks dan penampilan," ujar spesialis kandungan dr. H. Boyke Dian Nugraha, SpOG MARS dalam acara peluncuran WISH di kawasan Blok M, Jakarta, Kamis, 8 Agustus 2019.

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

Pernikahan menjadi krusial saat salah satu pasangan tidak terpuaskan di atas ranjang. Hal ini pun bisa dikaitkan karena minimnya komunikasi terbuka yang dilakukan oleh pasangan suami istri.

"Memang dominan penyebabnya 55 persen akibat komunikasi yang buruk. Sisanya dari faktor lain, seperti belum punya anak," ujar Boyke.

Catat! Inilah 5 Bulan Terbaik untuk Menikah Menurut Islam

Nah, agar pernikahan tetap awet dan harmonis hingga akhir usia, dia menyarankan untuk melakukan komunikasi terbuka demi mendapatkan seks yang menyenangkan dan bisa dinikmati  oleh kedua pihak. Saling mengerti dan memberi perhatian menjadi kunci utama untuk bisa menjaga kehidupan ranjang yang lebih baik.

"Terbuka jika ada masalah soal ranjang. Kadang laki-laki egonya tinggi, tidak bisa langsung disalahkan, jadi pelan-pelan saat mulai berdiskusi,” ucap Boyke.

Karena itu, dia mengingatkan agar para wanita harus bisa lebih aktif saat di atas ranjang agar suami merasa senang dan terpuaskan. Di sisi lain, dia juga meminta para suami untuk menjalani pola hidup sehat demi kehidupan ranjang yang lebih menggairahkan.

“Laki-laki juga perlu menjalani pola hidup sehat agar bisa ereksi lebih lama dan memuaskan istri," tutur Boyke. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya