Polusi Jakarta Buruk, Lindungi Tubuh dengan 4 Makanan Ini

Ilustrasi lemon.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Beberapa waktu terakhir, tingkat polusi di Jakarta semakin memburuk. Kondisi ini tentu bisa memicu berbagai jenis penyakit karena efek radikal bebas yang ditimbulkan.

Kendaraan Operasional Timnas Indonesia Bakal Full Listrik

Selain menggunakan masker dan mengurangi aktivitas luar ruang, ada juga cara lain untuk menangkal gencarnya serangan radikal bebas dalam tubuh, yakni dengan mengonsumsi antioksidan alami dari beberapa jenis buah, sayur, dan kacang-kacangan. Mengonsumsi secara rutin makanan tersebut dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan kesehatan pada tubuh akibat radikal bebas yang berasal dari polusi udara.

"Menjalani Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti makan-makanan bergizi, mencukupi asupan air putih, istirahat cukup, sering cuci tangan, tidak merokok, efektif mengurangi dampak polusi udara pada tubuh. Pastikan juga Anda selalu rutin mengonsumsi bahan-bahan makanan yang mengandung antioksidan tinggi," ujar dokter spesialis gizi klinik RS Pondok Indah–Puri Indah, dr Raissa Edwina Djuanda, Sp. GK, M.Gizi, dikutip dari siaran pers, Jumat 9 Agustus 2019.

Pemerintah Berencana Naikkan Pajak Kendaraan Bermotor

Berikut ini makanan kaya antioksidan yang disarankan dr. Raissa untuk tangkal radikal bebas.

1. Vitamin C

Begini Cara Pasien Kanker Paru-paru Harus Berhati-hati saat Hadapi Polusi Udara

Vitamin yang larut dalam air ini dipercaya dapat membantu proses regenerasi sel sehingga banyak digunakan sebagai bahan dasar krim pencerah wajah. Tak hanya bermanfaat untuk mencerahkan wajah, ternyata vitamin C merupakan antioksidan paling kuat untuk tubuh kita. Lemon, jeruk, dan kiwi merupakan beberapa buah yang mengandung vitamin C paling tinggi.

2. Vitamin E

Vitamin yang larut dalam lemak ini adalah garis pertahanan pertama dalam melawan peradangan pada jaringan tubuh kita. Vitamin E dalam makanan dapat ditemukan pada minyak bunga matahari, canola, kacang tanah, dan minyak zaitun. Almond dan biji bunga matahari juga merupakan sumber vitamin ini. Jangan lupa ikan salmon dan telur yang kaya omega 3 juga memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi.

3. Beta Karoten

Mineral ini memainkan peran sangat penting dalam mengendalikan peradangan karena kandungan antioksidannya. Sayuran berdaun seperti biji kelabat, selada, wortel, dan bayam adalah sumber terkaya beta karoten.

4. Lemak Omega-3

Melindungi tubuh terhadap dampak buruk polusi udara pada kesehatan jantung dan profil lipid. Sumber lemak omega-3 ini dapat diperoleh dari kacang-kacangan, biji-bijian, serta minyak ikan. (nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya