5 Manfaat Luar Biasa Minum Air Hangat Setiap Hari

Minum air putih.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Banyak yang mengatakan bahwa mengonsumsi air putih hangat dapat membuat tubuh lebih sehat. Faktanya, air putih hangat bisa memberi jutaan manfaat lain yang membuat tubuhmu lebih bugar.

6 Tips Jaga Stamina Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sungkan untuk Olahraga Ringan

Air putih hangat yang dikonsumsi tentu memberi rasa rileks pada tubuh. Bahkan, itu juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti ginjal yang sehat, energi lebih banyak, hingga menurunkan kolesterol jahat.

Segelas air putih hangat yang diminum juga bisa memberi efek baik pada pencernaan. Nah, agar tahu lebih banyak mengenai manfaat konsumsi air putih hangat, berikut penjelasannya, dilansir dari laman MSN, Selasa 13 Agustus 2019.

Jangan Asal Makan Minum, Ustaz Hilman Fauzi Ungkap Ada 4 Adab dalam Berbuka Puasa

1. Sistem pencernaan

Air hangat dapat merangsang sistem pencernaan. Dengan minum air hangat, tubuh tidak akan menggunakan energi berlebihan saat akan mengonsumsi makanan. Saat makan pun, makanan lebih mudah dicerna. Sementara, konsumsi air dingin berakibat sebaliknya sehingga membuat tubuh kelelahan dalam mencerna makanan.

Alami Diabetes hingga Kehilangan Satu Kaki, Suty Karno Sempat Tidak Suka Minum Air Putih

2. Detoks

Air hangat membantu tubuh mengeluarkan racun melalui keringat dan urin. Suhu tubuh akan meningkat saat mengonsumsi air hangat, membuat keringat mudah diproduksi.

3. Redakan kram menstruasi

Perut kram karena menstruasi seringkali dialami para wanita. Untuk meredakannya, banyak yang menganjurkan dengan menaruh sebotol air hangat di perut. Ternyata hal tersebut berhasil karena air hangat membantu otot lebih tenang sehingga rasa nyeri bisa diredakan.

4. Cegah penuaan dini

Buat Anda yang ingin awet muda, minum segelas air putih hangat sangat dianjurkan. Saat tubuh mulai mengeluarkan racun, kulit juga 'membersihkan' diri lebih cepat usai bersentuhan dengan kuman dan radikal bebas. Dengan memberi sel baru di kulit, berarti kulit menjadi glowing serta elastis dan mencegah keriput.

5. Menyehatkan rambut

Air hangat membuat saraf di akar rambut aktif kembali sehingga rambut lebih lembut dan bercahaya. Dehidrasi sendiri adalah salah satu penyebab rambut kering. Sehelai rambut dibentuk oleh salah satunya 1/4 air dan jika kebutuhan cairanmu tidak terpenuhi, waspada rambut akan mudah patah dan kering.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya