5 Bahaya Minuman Bersoda, Picu Kanker hingga Lemak di Hati

Ilustrasi minuman ringan atau minuman bersoda.
Sumber :
  • Pixabay/ PDPics

VIVA – Minuman dengan gula tambahan telah diketahui membawa dampak buruk bagi kesehatan. Hal itu semakin diperparah jika minuman tesebut juga mengandung soda. Minuman bersoda memiliki kandungan energi yang sangat tinggi. Dalam sekaleng soda berukuran 375 mililiter, setidaknya ada lima sendok gula.

Alami Diabetes hingga Kehilangan Satu Kaki, Suty Karno Sempat Tidak Suka Minum Air Putih

Perlu diketahui, orang dewasa sebenarnya cuma butuh empat sendok makan gula per hari. Nah, jika minum satu kaleng soda saja sebenarnya sudah melebihi kebutuhan gula. Belum lagi jika ditambah konsumsi makanan lain yang manis-manis. Semisal teh manis dan jajanan atau kue.

Bahayanya soda bahkan bisa menyebabkan kematian. Gara-gara soda, seorang pria bahkan dikabarkan meninggal baru-baru ini karena terlalu sering minum soda. Meski terkesan sepele, banyak risiko kesehatan yang bisa timbul jika terlalu sering minum soda. Seperti dilansir dari Health line, berikut ini 5 bahaya keseringan minum soda.

Sering Minum Energi Drink? Awas, Gagal Ginjal Mengintai!

Minuman manis enggak bikin kenyang

Jangan pernah menganggap, konsumsi minuman manis bisa bikin kenyang. Konsumsi makanan manis justru hanya menambah kenaikan berat badan

9 Jenis Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Saat Sarapan

Bentuk tambahan gula yang paling umum - sukrosa atau gula meja - memasok fruktosa gula dalam jumlah besar. Fruktosa tidak menurunkan hormon lapar ghrelin atau merangsang kenyang dengan cara yang sama seperti glukosa, gula yang terbentuk ketika kamu mencerna makanan bertepung.

Jadi, ketika mengkonsumsi gula cair, kamu biasanya menambahkannya di atas total asupan kalori. Dalam sebuah penelitian, orang yang minum soda manis sebagai tambahan dari diet mereka saat ini mengkonsumsi 17 persen lebih banyak kalori daripada sebelumnya

Tidak mengherankan, penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum minuman manis secara konsisten menambah berat badan lebih banyak daripada orang yang tidak.

Gula berlebih jadi lemak di hati

Gula meja (sukrosa) dan sirup jagung fruktosa tinggi terdiri dari dua molekul:  glukosa dan fruktosa - dalam jumlah yang kira-kira sama. Glukosa dapat dimetabolisme oleh setiap sel dalam tubuh, sedangkan fruktosa hanya dapat dimetabolisme oleh satu organ, yakni hati.

Minuman manis adalah cara termudah dan paling umum untuk mengonsumsi fruktosa dalam jumlah berlebihan. Ketika kamu mengonsumsi terlalu banyak, hati menjadi kelebihan dan mengubah fruktosa menjadi lemak.  Sebagian lemak dikeluarkan sebagai trigliserida darah, sedangkan sebagiannya tetap berada di hati. Seiring waktu, ini dapat berkontribusi pada penyakit hati berlemak nonalkohol.

Baca Juga: Personel NOAH Blak-blakan Soal Keluarnya Uki

Membuat kecanduan

Mungkin saja soda manis adalah zat adiktif. Pada tikus, gula dapat menyebabkan pelepasan dopamin di otak, memberikan perasaan senang. Mengunyah gula mungkin memiliki efek serupa pada orang-orang tertentu, karena otak dirancang untuk mencari aktivitas yang melepaskan dopamin.

Faktanya, banyak penelitian menunjukkan bahwa gula dan olahan junk food secara umum  mempengaruhi otak  seperti obat keras. Bagi individu yang cenderung kecanduan, gula dapat menyebabkan perilaku mencari sesuatu yang dikenal sebagai kecanduan makanan.

Studi pada tikus menunjukkan bahwa gula dapat menyebabkan kecanduan fisik. Meski kecanduan lebih sulit dibuktikan pada manusia, banyak orang mengonsumsi minuman manis dalam pola yang khas untuk zat adiktif dan kasar.

Minuman manis tingkatkan risiko jantung

Asupan gula telah lama dikaitkan dengan risiko penyakit jantung  Sudah diketahui bahwa minuman manis meningkatkan faktor risiko penyakit jantung, termasuk gula darah tinggi, trigliserida darah, dan partikel LDL kecil yang padat.

Penelitian pada manusia baru-baru ini mencatat hubungan yang kuat antara asupan gula dan risiko penyakit jantung di semua populasi. Satu studi 20 tahun pada 40.000 pria menemukan bahwa mereka yang minum 1 minuman manis per hari memiliki risiko 20 persen lebih tinggi mengalami - atau meninggal akibat - serangan jantung, dibandingkan dengan pria yang jarang mengonsumsi minuman manis.

Peminum soda memiliki risiko kanker yang lebih tinggi

Kanker cenderung berjalan seiring dengan penyakit kronis lainnya seperti obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Karena alasan ini, tidak mengejutkan untuk melihat bahwa minuman manis sering dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

Satu studi di lebih dari 60.000 orang dewasa menemukan bahwa mereka yang minum 2 atau lebih soda gula per minggu adalah 87 persen lebih mungkin untuk mengembangkan kanker pankreas daripada mereka yang tidak minum soda

Studi lain pada kanker pankreas menemukan hubungan yang kuat pada wanita - tetapi tidak pada pria.  Wanita pascamenopause yang banyak minum soda manis juga berisiko lebih tinggi terkena kanker endometrium, atau kanker lapisan dalam rahim.

Terlebih lagi, asupan minuman yang dimaniskan dengan gula dikaitkan dengan kekambuhan kanker dan kematian pada pasien dengan kanker kolorektal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya