Heboh Kayu Bajakah Kalimantan, Ternyata Cuma Tanaman Sulur

Kayu Bajakah
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Tiga siswa SMA di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, mendadak tenar. Karena berhasil menemukan tumbuhan yang bisa dijadikan obat penyembuh kanker dari kayu Bajakah.

Viral Obati Kanker, Menkes Sebut Bajakah Masih Diteliti

Kabarnya kayu Bajakah ini bisa menyembuhkan kanker bahkan yang sudah mencapai stadium 4 sekalipun. Ampuhnya kayu Bajakah ini sontak membuat banyak orang penasaran, kayu jenis apa sih itu?

Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id dari berbagai sumber menyebut bahwa Bajakah adalah sejenis tanaman merambat yang hidup di tanah gambut pedalaman hutan Kalimantan. Tak hanya itu, kayu bajakah ini punya ratusan jenis dengan nama sebutan yang berbeda-beda di tiap daerah.

Kemenkes Sebut Kayu Bajakah Punya Potensi Sembuhkan Kanker

Tanaman ini diketahui hanya bisa hidup di hutan Kalimantan Tengah dan tumbuh dalam jumlah terbatas. Kemungkinan besar tanaman ini tidak bisa dibudidayakan karena kandungan zat hara yang berbeda dari habitat aslinya.

Meski sedang viral, Pakar Herbal, dr. Prapti Utami Msi., menilai efek Bajakah Tunggal terhadap pengobatan kanker perlu didalami lebih lanjut. Sebab, banyak faktor yang bisa memengaruhi kesembuhan pada pengidap kanker.

Masih Ingat Pak Warsito? Menurutnya Bajakah Jauh Lebih Aman

Baca juga: Heboh Akar Bajakah Bisa Obati Kanker, Ini Kata Pakar.

"Kanker itu tidak tergantung dari herbal saja, pola makan, pola pikir dan aktivitas fisik. Jika akan diteliti lebih lanjut ini menjadi pengharapan, tapi tetap menjadi bagian dari banyak faktor yang berpengaruh," kata dia.

Karena baru sebatas uji pada hewan tikus penggunaan kayu Bajakah sebagai obat kanker tanpa pengawasan dokter sangat berisiko. (nda)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya