Lagi Tren, Ini 3 Manfaat Terapkan Mindfulness untuk Kehidupan

Ilustrasi mindfulness dan Traveling bersama teman
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Konsep mindfulness telah banyak dibicarakan dalam beberapa tahun belakangan. Meski demikian, mindfulness sendiri bukanlah hal yang baru. Konsep ini telah lama berkembang di sejumlah negara maju.

Singgung Perilaku FOMO, Ini Tips Agar Keuangan Tidak Jebol Karena Pinjol

Seperti diketahui, mindfulness adalah suatu kondisi di mana pikiran, perasaan, dan tubuh kita berada pada saat ini, tidak mengembara ke masa lalu maupun masa depan. Di Indonesia, konsep mindfulness ini salah satunya diperkenalkan oleh Praktisi Kesehatan Holistik, Reza Gunawan.

Saat ditemui di Wealth Wisdom 2019 Mindfully Wealthy in 21st Century By PermataBank, Reza menjelaskan bahwa pada dasarnya pengertian mindfulness ialah memberikan perhatian yang penuh di sini, kini.

Erick Thohir: Pegawai BUMN Boleh Libur Hari Jumat Kalau Sudah Lebih 40 Jam Bekerja

"Jadi kita bukan balik lagi ke masa lalu yang enggak bisa di apa-apain atau hanyut mikirin masa depan yang belum kejadian dan belum bisa diapa-apain juga," kata Reza, Kamis, 15 Agustus 2019.

Reza mengatakan bahwa banyak penelitian membuktikan bahwa konsep mindfulness sendiri telah bermanfaat untuk kesehatan. Namun, lanjut Reza, konsep mindfulness ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan.

Menguak Tirai Depresi: Gejala, Solusi, dan Dukungan untuk Kesembuhan

Saat berbincang dengan VIVA.co.id, ia mengungkapkan deretan manfaat mindfulness bagi kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa rangkumannya.

Meningkatkan konsentrasi
Di era yang serba cepat ini, banyak orang dituntut mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Ini kerap kali membuat seorang menjadi kewalahan sulit konsentrasi dan gelisah. Bahkan pada akhirnya bisa berakumulasi pada gangguan kesehatan mental.

Dengan menerapkan mindfulness, seseorang lebih memiliki perhatian dan konsentrasi penuh terhadap suatu aktivitas yang dia kerjakan. Dengan demikian hal ini juga akan meningkatkan kualitas hidupnya.

Membantu mengobati penyakit kronis
Konsep mindfulness juga disebut-sebut membantu mengobati sejumlah penyakit kronis. Salah satu pelopor mindfulness yang terkenal di Amerika Serikat ialah Jon Kabat-Zinn yang memperkenalkan program Mindfulness-based stress reduction.

“Jadi itu program 8 minggu yang diberikan kepada orang-orang yang sakit kronis. Apa pun penyakitnya bahkan kepada yang sudah divonis bakal meninggal untuk meningkatkan kualitas hidupnya," kata dia.

Mengembangkan karier

Bukan hanya untuk kesehatan fisik dan juga mental, di beberapa negara konsep Mindfulness juga telah banyak diterapkan untuk pengembangan karier. Reza menjelaskan mindfulness membuat seseorang melakukan sesuatu dengan perhatian yang lebih jernih dan lebih utuh.

Pada akhirnya hal itu akan meningkatkan kualitas pekerjaannya. Selain itu mindfulness juga akan meningkatkan konsentrasi, komunikasi dan emosional seseorang. Reza mengatakan bahwa sejumlah studi mengatakan bahwa latihan mindfulness bisa meningkatkan kualitas kerja dan karier seseorang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya