Alih-alih Kayu Bajakah, 4 Jenis Makanan Ini Juga Bisa Cegah Kanker

Kayu Bajakah
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kita semua tahu, kan bahwa kanker merupakan salah satu penyakit yang ditakuti karena enggak jarang bisa menyebabkan kematian. 

Usai Didiagnosis Kanker, Kate Middleton dan Keluarganya Memutuskan Pergi Berlibur

Meski tidak sedikit dari kanker yang disebabkan oleh keturunan, kanker juga dipengaruhi oleh faktor gaya hidup. Maka dari itu penting untuk menjalankan pola hidup sehat. 

Belakangan ramai orang bicara soal kayu bajakah dari Kalimantan yang katanya bisa sembuhkan kanker, bahkan yang stadium 4. Itu tentu bikin banyak orang penasaran dan pastinya membawa secercah harapan bagi para penyitasnya.

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

Namun alih-alih kayu bajakah yang belum diuji klinis soal khasiatnya itu, sebenarnya ada jenis makanan lain yang punya senyawa tak kalah bermanfaat untuk cegah kanker. Apalagi, mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

Lalu apa sajakah makanan yang dapat mencegah kanker? Dilansir dari tayangan Ayo Hidup Sehat tvOne, berikut ini empat makanan yang dapat mencegah kanker seperti dijelaskan dr Ida Gunawan, MS, SpGK(K).

5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

1.Delima 

Bisa cegah kanker karena kaya antosianin,. zat warna antioksidan dalam delima bagus untuk mencegah kanker. Biasanya dimakan langsung atau dibuat jus. Buah delima bisa membantu mencegah penyakit kanker paru. 

2. Tomat 

Tomat diketahui baik untuk pencegahan kanker karena tomat kaya akan likopen. Dianjurkan untuk memilih tomat dengan warna yang paling merah, sebab semakin merah maka semakin tinggi likopen-nya.

Kandungan 1 buah tomat mengandung 10 kali betakaroten dan 2 kali vitamin E. Untuk mengonsumsinya cukup dikukus atau dipanaskan selama 10-15 menit. Kemudian diblender dan saring sari buah lalu diminum. Tomat diketahui baik untuk pencegahan kanker prostat. 

Baca juga: Heboh Akar Bajakah Bisa Obati Kanker, Ini Kata Pakar.

3. Brokoli 

Brokoli diketahui kaya antisulforafan, antioksidan. Kandungan sulfur bagus untuk mencegah kanker kolon dan kanker usus besar. 

4. Sirsak

Sampai saat ini penelitian manfaat buah sirsak terhadap pencegahan kanker masih inkonsisten. Meski begitu, kita bisa mengonsumsi daging sirsak 1-2 penukar dan jangan berlebih karena dapat menggangu syaraf. Buah sirsak diketahui dapat mencegah kanker kolon dan kanker pankreas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya