Sudah Diet Ketat dan Olahraga Tapi Gak Langsing Juga, Cek Ini Dulu

Ilustrasi Menu Diet.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Saat ingin mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal, banyak orang menyarankan untuk melakukan diet dan olahraga. Bagi sebagian orang cara ini mungkin berhasil, bagi sebagiannya lainnya mungkin tidak.

Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Meski telah melakukan diet ketat dan rutin berolahraga, sebagian orang masih sulit mendapatkan bentuk dan berat tubuh yang ideal. Menurut Ketua Organisasi Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia, Cabang Jakarta dr. Win Johanes MS, SpGK, hal itu banyak dipengaruhi oleh gen setiap orang. 

“Makanya, pemeriksaan genetik nutrigenomik perlu dilakukan untuk mengetahui nutrisi yang tepat dalam memberikan rekomendasi kepada pasien untuk menjaga tubuh tetap sehat," kata Win saat peluncuran peluncuran Panel Baru Kalbe dalam Pemeriksaan Genetik, di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat 23 Agustus 2019. 

Mau Diet Defisit Kalori saat Lagi Puasa? Begini Caranya

Win menjelaskan, nutrigenomik merupakan satu terobosan ilmu genetika yang bisa mendukung para dokter gizi untuk memberikan konsultasi yang tepat. Termasuk menyusun meal plan yang sesuai genetik, serta memandu aktivitas fisik pasien agar mendapatkan kondisi tubuh yang ideal dan sehat.

Sementara itu, menurut  Ahli Nutrigenomik dari Universitas Toronto Kanada, dr. Bibiana Bailo, secara global pemeriksaan nutrigenomik ini sudah menjadi trend terutama bagi orang yang memperhatikan kesehatan. Sedangkan di Indonesia kesadaran itu baru muncul dalam dua tahun belakangan.

5 Tips Diet untuk Penderita Maag, GERD, dan Asam Lambung

"Memperhatikan kesehatan di sini bukan dalam konteks penyakit tapi lebih kepada pencegahan penyakit kardiometabolik terutama penyakit jantung, stroke, hipertensi, diabetes, gagal ginjal dan obesitas yang semakin meningkat dari tahun ke tahun," kata Bibiana. 

Oleh karena itu, selain bisa mendapatkan pola makan dan aktivitas fisik yang tepat, pemeriksaan genetik juga bisa mencegah risiko timbulnya penyakit-penyakit berbahaya. (ldp)

Sakit maag.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Pendekatan diet dan pengaturan berat badan yang sehat dapat menjadi langkah penting dalam mengurangi keluhan GERD. Berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2024