Mina TWICE Divonis Alami Anxiety Disorder, Apakah Itu?

Ilustrasi cemas, panik, takut
Sumber :
  • Pixabay/ Geralt

VIVA – Kabar mengejutkan baru-baru ini datang dari bintang TWICE, Mina. Ia belum lama ini didiagnosa menderita anxiety disorder atau gangguan kecemasan setelah menarik diri dari tur dunia grup girlband itu.

Zaidul Akbar Ungkap Penyakit Bodoh hingga Kecemasan Bisa Hilang di Ramadhan, Gimana Caranya?

Gangguan itu dipastikan akan membuatnya kerap mengalami kegelisahan ekstrem yang tiba-tiba dan rasa tidak aman untuk tampil di panggung. Tapi apa itu anxiety disorder, dan mengapa artis Korea Selatan rentan mengalaminya?

Sederhanaya anxiety disorder ialah gangguan kecemasan. Seperti dilansir dari Mayo Clinic, mengalami kecemasan sesekali adalah bagian normal dari kehidupan. Namun, orang-orang dengan gangguan kecemasan seringkali memiliki kekhawatiran dan ketakutan yang intens, berlebihan dan persisten tentang situasi sehari-hari.

Korban Dugaan Pelecehan Seksual oleh Rektor Nonaktif UP Mengaku Trauma Lihat Gedung Kampus

Seringkali, gangguan kecemasan melibatkan episode berulang, perasaan tiba-tiba, kecemasan yang intens dan ketakutan atau teror yang mencapai puncaknya dalam beberapa menit (serangan panik).

Baca Juga: Tips Bikin Nasi Goreng Sehat Tanpa Takut Tinggi Kalori

5 Manfaat Konsep Hidup Slow Living untuk Melatih Mental dan Bisa Lebih Bahagia

Perasaan cemas dan panik ini mengganggu aktivitas sehari-hari, sulit dikendalikan, tidak proporsional dengan bahaya aktual, dan bisa bertahan lama. kamu dapat menghindari tempat atau situasi untuk mencegah perasaan ini. Gejala dapat dimulai selama masa kanak-kanak atau remaja dan berlanjut hingga dewasa.

Penyebab gangguan kecemasan tidak sepenuhnya dipahami. Pengalaman hidup seperti peristiwa traumatis tampaknya memicu gangguan kecemasan pada orang yang sudah rentan terhadap kecemasan. Ciri bawaan juga bisa menjadi faktor.

Bagi sebagian orang, kecemasan dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan yang mendasarinya. Dalam beberapa kasus, tanda dan gejala kecemasan adalah indikator pertama dari penyakit medis. Jika dokter mencurigai kecemasan kamu mungkin disebabkan oleh masalah medis, ia mungkin akan memerintahkan tes untuk mencari tanda-tanda masalah.

Contoh-contoh gangguan kecemasan termasuk gangguan kecemasan umum, gangguan kecemasan sosial (fobia sosial), fobia spesifik dan gangguan kecemasan pemisahan. kamu dapat memiliki lebih dari satu gangguan kecemasan. Terkadang kecemasan muncul dari kondisi medis yang membutuhkan perawatan.
 
Gangguan kecemasan itu mungkin tidak hilang dengan sendirinya, dan mereka mungkin memburuk seiring waktu jika kamu tidak mencari bantuan. Temui dokter  atau penyedia kesehatan mental sebelum anxiety disorder seperti yang dialami Mina, TWICE menyerang kamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya