Rambut Rontok Tak Cuma Soal Penampilan, Bisa Jadi Gejala Penyakit

Ilustrasi Rambut Rontok
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi banyak orang bahkan dari berbagai belahan dunia. Menurut penelitian Europanel, kerontokan rambut dialami lebih dari 40 persen wanita dan lebih dari 50 persen pria. 

Zaidul Akbar: Lidah Buaya Bermanfaat untuk Jantung, Darah dan Pankreas! Begini Cara Olahnya

Banyak dialami, ternyata rambut rontok merupakan masalah serius yang tak disadari dampaknya oleh banyak orang. Menurut Nigel Hunt, seorang Psikolog senior di University of Nottingham kerontokan rambut dapat menyebabkan efek buruk bagi kesehatan psikologi seperti tidak percaya diri, tingkat kecemasan tinggi, bahkan depresi. 

Penyebab dari kerontokan rambut sendiri sangat beragam, mulai dari gangguan auto imun, kulit kepala yang tidak sehat, adanya penyakit sistemik, stres berlebihan, kebiasaan tidak sehat hingga lonjakan hormon karena berbagai sebab. 

Terpopuler: Manfaat Minum Air Jahe di Pagi Hari, Rumah Seram Ki Joko Bodo

Tentu saja, untuk mengatasinya, perlu diketahui penyebab mendasar dari kerontokan rambut. Faktanya 80 persen dari kerontokan rambut disebabkan oleh penyebab lokal pada rambut dan kulit kepala. 

Lidah Buaya

5 Cara Lunturkan Lemak Dengan Konsumsi Lidah Buaya

Dalam hal ini, pemilihan sampo yang tepat dapat sangat membantu, di antaranya sampo dengan bahan. Menurut Ardian Faisal Akbar, founder Kelaya, banyak bahan alami yang bisa digunakan pada rambut dan kulit kepala, seperti lidah buaya, minyak kemiri dan minyak kelapa. 

Ketiganya sejak zaman dahulu telah dipercaya mampu membantu menyuburkan rambut dan membantu mengatasi kebotakan. "Bahan alami yaitu minyak kemiri dan ekstrak aloe vera. Kedua bahan ini merupakan bahan warisan tradisional dari leluhur kita yang telah digunakan selama turun-temurun." 

Berdasarkan penelitian, Kemiri memiliki kandungan gliserida, asam linoleate, protein, vitamin B1, vitamin E dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Kemiri juga terbukti dapat membuat warna rambut lebih hitam, memperlambat tumbuhnya rambut putih dan membantu rambut tumbuh lebih lembut serta tebal. 

Lidah buaya atau aloe vera mengandung 75 bahan aktif yang terdiri dari vitamin, enzim, mineral, lignin, saponin, asam salisilat dan berbagai asam amino. Lidah buaya telah terbukti memiliki efek anti radang dan sebagai moisturizer untuk rambut. 

Tumbuhan ini merupakan resep tradisional tidak hanya di Indonesia, namun juga di berbagai belahan dunia. Cleopatra dan Nefertiti, dua ratu Mesir yang terkenal dengan kecantikannya, juga tercatat menggunakan aloe vera untuk perawatan kecantikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya