PRT Tewas Digigit Anjing Bima Aryo, Kenali Bahaya Rabies

Ilustrasi anjing pitbull.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kabar seorang Pekerja Rumah Tangga bernama Yayan yang tewas digigit anjing baru-baru ini ramai diberitakan. Belakangan diketahui bahwa anjing tersebut merupakan milik seorang presenter Bima Aryo. 

Kondisi Miris Ratusan Anjing Sitaan di Semarang, Ada yang Kena Cacing Jantung Hingga Malnutrisi

Menurut Kapolres Metro Jakarta Timur, Komisaris Besar Polisi Ady Wibowo kejadian itu terjadi saat Yayan yang bekerja  di kediaman  majikannya di Jalan Langgar RT. 04 RW. 04 Nomor 41, Cipayung, Jakarta Timur pada Jumat 30 Agustus tiba-tiba saja diserang oleh anjing peliharaaan majikannya.  Korban sendiri dikabarkan  korban mengalami luka pada bagian leher, punggung hingga dada. 

Hingga kini masih belum diketahui apakah anjing tersebut memiliki rabies atau penyakit berbahaya lainnya. Namun, virus rabies yang ditularkan oleh anjing memang berbahaya. 

22 Warga Padang Positif Rabies Usai Diserang Anjing

Seperti dilansir dari Center for Disease Control and Prevention gigitan anjing bukan hanya dapat menyebabkan rasa sakit dan cedera, tetapi mereka juga dapat menyebarkan kuman yang menyebabkan infeksi. Hampir 1 dari 5 orang yang digigit anjing membutuhkan perawatan medis. Anjing mana pun dapat menggigit - tahu cara menikmati anjing tanpa digigit.

Anjing dapat menjadi sahabat terdekat kita - di Amerika Serikat, lebih dari 36% rumah tangga memiliki setidaknya satu anjing. Anjing telah terbukti mengurangi stres, meningkatkan tingkat latihan kita, dan teman bermain untuk anak-anak. Namun terkadang sahabat pria akan menggigit. Selain menyebabkan rasa sakit, cedera, atau kerusakan saraf, gigitan anjing dapat terinfeksi, membuat korban gigitan berisiko terkena penyakit atau dalam kasus yang jarang terjadi kematian.

Jurus Istri Kapolri Wujudkan Bali Zero Rabies

Meskipun gagasan digigit anjing itu menakutkan, itu tidak berarti Anda harus menghindari anjing sepenuhnya. Jika Anda bekerja atau tinggal di sekitar anjing, waspadailah risikonya dan pelajari cara menikmati berada di dekat anjing tanpa digigit.

Sementara menurut World Health Organization, rabies sendiri merupakan penyakit virus menular yang hampir selalu berakibat fatal setelah timbulnya gejala klinis. Dalam hingga 99 persen kasus, anjing peliharaan bertanggung jawab atas penularan virus rabies ke manusia. 

Namun, rabies dapat memengaruhi hewan peliharaan dan liar. Ini menyebar ke orang-orang melalui gigitan atau goresan, biasanya melalui air liur. Masa inkubasi untuk rabies biasanya 2-3 bulan tetapi dapat bervariasi dari 1 minggu hingga 1 tahun, tergantung pada faktor-faktor seperti lokasi masuknya virus dan viral load. 

Gejala awal rabies termasuk demam dengan rasa sakit dan kesemutan yang tidak biasa atau tidak jelas, menusuk, atau sensasi terbakar (paraesthesia) di lokasi luka. Selain itu rabies sebagian besar memang memengaruhi populasi miskin dan rentan yang tinggal di lokasi pedesaan yang terpencil.

Walaupun vaksin manusia dan imunoglobulin yang efektif telah tersedia untuk rabies, hal itu seringkali tidak tersedia atau dapat diakses oleh mereka yang membutuhkan. Secara global, kematian akibat dari rabies rabies jarang dilaporkan. Tapi anak-anak berusia antara 5-14 tahun sering menjadi korban. 

Setiap tahun, lebih dari 15 juta orang di seluruh dunia menerima vaksinasi pasca-gigitan. Ini diperkirakan mencegah ratusan ribu kematian rabies setiap tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya