5 Penyebab Tumor di Kepala, Penyakit yang Diderita Ria Irawan

Ria Irawan
Sumber :
  • Instagram Ria Irawan

VIVA – Ria Irawan harus kembali berjuang melawan kanker getah bening yang dulu sempat dinyatakan sudah hilang. Kini Ria harus berjuang lebih keras lagi. Pasalnya selain mengidap kanker getah bening, artis senior itu mengaku kini ada tumor di kepalanya yang membuat ia kesulitan bicara.

Aldi Taher Merasa Lebih Dekat dengan Tuhan Setelah Divonis Kanker

Tumor di kepala mengakibatkan saraf bicara Ria tertekan. Pemain film Arisan tersebut pun harus belajar berbicara secara perlahan-lahan.

Dilansir dari laman Healthline, tumor yang tumbuh di kepala sangat berisiko terhadap fungsi kerja tubuh. Sebab, pertumbuhan tumor itu bisa mempersempit ruang di kepala dan memaksa saraf-saraf lainnya untuk berhenti bekerja.

Dokter Jelaskan Teknik Akurat untuk Diagnosis dan Pengobatan Tumor Otak

Baca juga: Takut Meninggal karena Sesak Napas, Alasan Kemal Mochtar Ingin Kurus

Tumor di kepala bisa muncul di beberapa bagian yang disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu yang lazim ditemui adalah tumor di otak. Berikut faktor pemicu tumbuhnya tumor otak dikutip dari laman Healthline, Senin 9 September 2019.

Selalu Merasa Haus, Pria Minum 10 Liter Sehari Ternyata Mengidap Tumor Otak

Riwayat keluarga

Hanya 5-10 persen dari semua jenis kanker dapat diturunkan secara genetik. Khususnya pada tumor otak, sangat jarang terjadi karena genetik. Meski begitu, tak menutup kemungkinan genetik keluarga dapat memicu kanker otak terjadi.

Usia

Usia berapa pun sebenarnya berpeluang terhadap tumor otak. Namun, di usia tertentu, terlebih pada mereka yang berusia lanjut, makin berisiko mengidap tumor otak.

Terpapar bahan kimia

Bahan kimia yang terpapar terus menerus ke tubuh, misal di lingkungan kerja, dapat memicu risiko kanker otak. The National Institute for Occupational Safety and Health memiliki daftar lengkap dari bahan kimia berbahaya yang biasa hadir di lingkungan kerja.

Paparan radiasi

Mereka yang terpapar radiasi ion dapat berisiko besar mendapatkan tumor otak. Biasanya paparan radiasi ion ini didapatkan melalui terapi kanker radiasi tinggi.

Cacar

Menurut American Brain Tumor Association, riwayat cacar di masa kecil bisa memengaruhi peluang seseorang memiliki tumor otak. Mereka yang dulunya pernah mengidap cacar, menurunkan risiko terhadap tumor otak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya