Manfaat Buah Pomelo, Turunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker

Pomelo
Sumber :
  • Pixabay/ StockSnap

VIVA – Mungkin kamu agak asing mendengar nama buah yang satu ini. Ya, pomelo merupakan salah satu jenis buah sitrus, nama lainnya yaitu jeruk bali. Nama pomelo sekarang disarankan oleh Departemen Pertanian, karena jenis jeruk satu ini tidak ada kaitannya dengan Bali sama sekali.

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Seperti jenis buah jeruk lainnya, pomelo memiliki rasa yang manis dan segar. Tidak hanya lezat, buah satu ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Mulai dari menurunkan berat badan hingga mencegah kanker. Berikut sederet manfaat buah pomelo, yang telah VIVA.co.id rangkum dari Boldsky, 9 September 2019.

Baca Juga: Awas Bahaya Kolesterol di Balik Nikmatnya Daging Bebek

5 Rekomendasi Buah-buahan untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Tetap Terjaga

Mengelola tekanan darah
Pomelo merupakan sumber kalium yang baik, sehingga mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenasi organ. Kandungan potasium dalam buah ini juga dapat membantu melepaskan penyumbatan di pembuluh darah, sehingga dapat mencegah serangan jantung, stroke dan aterosklerosis.

Menurunkan kolesterol
Berbagai penelitian telah menekankan manfaat yang ditawarkan kandungan kalium dalam buah pomelo. Buah ini dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh kamu. Pektin dalam pomelo juga membantu membersihkan endapan yang terkumpul di arteri. Buah pomelo bermanfaat untuk penderita hipertensi karena mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Rahasia Keberuntungan Imlek: Mengapa Jeruk Mandarin Istimewa?

Meningkatkan kesehatan jantung
Manfaat pomelo yang dapat mengelola tekanan darah dan kadar kolesterol, membuat buah ini memiliki dampak positif untuk kesehatan jantung seseorang. Kandungan kalium dalam buah ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengatur tekanan darah dan mencegah pembuluh darah dari penyumbatan. Selain itu, pektin dalam pomelo juga bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung karena membantu mengeluarkan limbah dan kotoran dari dalam tubuh.

Membantu penurunan berat badan
Pomelo kaya akan serat, sehingga sangat cocok buat kamu yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan. Serat dalam buah ini dapat membantu menurunkan berat badan karena mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Pomelo juga dapat membantu mengurangi lemak dengan cara membakar gula dan kandungan pati dalam tubuh kamu.

Memerangi kanker
Kaya akan biflavonoid, pomelo dapat membantu memerangi kanker. Konsumsi buah ini secara langsung dapat membantu menangkal pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker usus, payudara, dan kanker pankreas. Pomelo juga dapat membantu menghilangkan kelebihan hormon estrogen yang ada dalam sistem tubuh kamu. Bersamaan dengan itu, sifat antioksidan dalam buah pomelo juga dapat membantu dalam memerangi sel kanker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya