Kim Kardashian dan 5 Seleb Terkenal yang Mengidap Lupus

Nick Cannon.
Sumber :
  • Instagram/@Nickcannon

VIVA – Penayangan perdana reality show Keeping up with the Kardashians season 17, Minggu malam 8 September 2019 menarik perhatian. Dalam penayangannya, reality show itu menceritakan kondisi kesehatan Kim Kardashian. Istri dari Kanye West itu, curiga, dia mengidap lupus.

Kylie Jenner Hamil Anak Timothee Chalamet?

Kim Kardashian yang sempat mengalami rasa sakit dan mati rasa pada tangan terlihat menemui dokter untuk mengetahui penyebabnya. Setelah menjalani serangkaian tes darah, dokter yang menangani Kim, Dr. Daniel Wallace, menjelaskan adanya antibodi positif untuk penyakit lupus dan Rheumatoid Arthritis.

Baca Juga: 5 Penyebab Tumor di Kepala, Penyakit yang Diderita Ria Irawan

Tembus 500 Juta Follower, Lionel Messi Masih di Bawah Cristiano Ronaldo

Sontak saja, mendengar kabar itu, ibu empat anak ini kaget. Maklum saja, lupus merupakan penyakit autoimun kronis yang dapat merusak bagian tubuh mana pun. Lupus dapat bervariasi dalam tingkat keparahan dari yang ringan hingga yang mengancam jiwa.

Bukan hanya Kim Kardashian saja yang diketahui didiagnosis dengan penyakit autoimun ini. Setidaknya ada beberapa selebritis Hollywood yang dikabarkan mengalami penyakit ini lupus.

Jadi Pendamping Lionel Messi, Anak Kim Kardashian Dihujat saat L.A. Galaxy Menjamu Inter Miami

Selena Gomez

Selena Gomez

Selena mengakui telah menderita lupus pada 2015, sebelum perilisan album Revival. Selena mengatakan dia mengalami serangan panik, kecewa dan depresi yang ia akui sebagai efek dari lupus yang dideritanya.

Penyakit Lupus yang dideritanya diketahui menyerang ginjal. Dia kemudian menjalani transplantasi ginjal dari temannya pada tahun 2017 lalu.

Nick Cannon

Dikutip laman lupus.org, Nick Cannon diketahui didiagnosis lupus pada Januari 2012. Sama seperti Selena Gomez, lupus yang dialaminya juga menyerang ginjal. Awalnya Nick mengalami gejala kelelahan dan bengkak di lututnya sebelum liburan Tahun Baru di Aspen. Dia pikir itu mungkin karena dia berada di ketinggian, tetapi dia juga kesulitan bernapas dan sakit di ginjalnya membuatnya harus segera mencari bantuan medis.

Toni Braxton

Toni Braxton

Penyanyi asal Inggris itu sudah mengidap lupus sejak tahun 2011. Toni merasa berat ketika didiagnosis lupus. "Kadang saya merasa tak bisa menjalaninya dengan seimbang. Saya hanya bisa berbaring di tempat tidur," katanya dilansir dari Huffington Post.

Kristen Johnson

Pada usia 46 tahun, Kristen didiagnosa dengan lupus myelitis, bentuk langka dari lupus yang memengaruhi sumsum tulang belakang. Komedian ini pertama kali menunjukkan tanda-tanda lupus ketika ia harus berjuang untuk naik tangga.

Setelah 17 kunjungan dokter yang berbeda dan berbulan-bulan tes yang menyakitkan, diagnosis akhir Kristen memungkinkannya untuk menerima perawatan dengan kemoterapi dan steroid, dan ia mencapai remisi enam bulan kemudian.

Lady Gaga

Meskipun tidak pernah menunjukkan gejala, penyanyi, penulis lagu, dan aktris Amerika ini diuji batas positif untuk lupus pada tahun 2010.

"Saya tidak memilikinya. Tapi saya harus merawat diri sendiri," kata dia dalam sebuah wawancara dengan Larry King.

Dia melanjutkan meski tidak mengidap lupus tapi dia menyebut risiko itu ada mengingat bibinya meninggal karena lupus.  Meskipun ada risiko yang lebih tinggi untuk terserang penyakit ini ketika seorang kerabat memilikinya, masih mungkin penyakit tersebut tidak aktif selama bertahun-tahun, mungkin sepanjang umur hidup seseorang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya