Menkes: Tolonglah Masyarakat Jangan Dibodohi Hoax Soal Pengobatan

Menkes RI, Nila Moeloek
Sumber :
  • Viva.co.id/Diza Liane

VIVA – Menteri Kesehatan RI, Nila Djuwita F. Moeloek mengeluhkan banyak kabar bohong alias hoax seputar dunia medis. Terkait hal itu, pihaknya pun kini telah menggandeng Lembaga Sandi Negara dan Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI.

Indonesia Peringkat Kedua, Negara dengan Kasus Terbanyak TB di Dunia

"Hoax terbanyak di pengobatan. Banyak sekali mulai dari obat ini semua bisa sembuh dari sakit mata, kanker ini sudah diteliti belum nah masyarakat itu sudah percaya begitu saja," katanya usai menjadi pembicara di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin 9 September 2019.

Baca Juga: Enggak Nyangka, Kebiasaan Masa Kecil Dian Sastrowardoyo Jorok Banget

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

Nila mencontohkan lagi, salah satu hoax yang sempat jadi sorotannya adalah terkait dengan pengobatan saraf melalui media air. "Ada juga yang katanya dicemplungkan kaki semua bisa sembuh, sarafnya bagus lagi. Tolonglah masyarakat jangan dibodohi," ujarnya

Terkait hal itu, Nila pun berharap masyarakat harus lebih jeli dalam menerima informasi. Ketika disinggung ada berapa jumlah hoax yang tersebar pada bidang pengobatan, Nila mengaku tidak hafal.

Komika Singgih Sahara Selewengkan Uang Donasi Berobat Ibu untuk Bayar Pinjol hingga Beli PS

"Banyak sekali yang lain. Jumlahnya saya enggak hafal tapi kita sudah kerjasama dengan KPI."

Stevie Agnecya meninggal dunia

Terawangan Paranormal Dayak Soal Kematian Stevie Agnecya: Memang Benar Ada Kiriman Santet

Seorang paranormal dari suku Dayak, Nyai Dewi Rantian memberikan terawangannya soal kematian Stevie Agnecya. Kata dia, memang benar ada kiriman santet dari seseorang.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2024