5 Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Liver

Ilustrasi buah anggur.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Liver atau organ hati sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem kerja tubuh tetap baik. Mulai dari menghasilkan protein hingga menyimpan vitamin menjadi tugasnya dalam mempertahankan kesehatan tubuh.

Terpopuler: Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi, Balenciaga Jual Gelang Lakban Rp51 Juta

Bahkan, liver juga mampu membuang racun di tubuh sehingga mencegah penyakit berbahaya yang mungkin mengintai. Untuk itu, sangat penting menjaga kesehatan liver agar tubuh tetap bekerja secara optimal.

Banyak cara untuk menjaga kesehatan liver. Tapi, yang paling mudah bisa dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu lho. Berikut ini makanan yang baik untuk kesehatan liver dikutip dari laman Healthline.

Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi saat Ramadhan, Baiknya Diminum Buka atau Sahur?

Kopi

Ya, kopi adalah salah satu minuman yang terbaik untuk menjaga kesehatan liver. Studi menunjukkan, dengan mengonsumsi kopi, dapat menurunkan risiko penyakit sirosis atau kerusakan hati secara permanen.

Mitos atau Fakta Minum Teh Saat Berbuka Puasa Bisa Merusak Ginjal

Teh

Teh memang sudah terbukti berkhasiat untuk beragam kesehatan dan siapa sangka mampu memberi manfaat baik pada liver. Dalam studi di Jepang menemukan bahwa konsumsi 5-10 cangkir teh hijau per hari dapat meningkatkan produksi darah yang menjaga kesehatan liver.

Jeruk bali

Jeruk bali mengandung antioksidan yang secara alami melindungi hati. Antioksidan tersebut bekerja dengan menurunkan risiko peradangan dan menjaga sel-sel organ hati.

Blueberri dan cranberri

Dua buah beri ini mengandung antosinin, yang termasuk dalam antioksidan. Studi menunjukkan dengan asupan buah beri utuh atau ekstraknya yang dijadikan jus dapat meningkatkan respons sel imun dan enzim antioksidan sehingga mencegah kerusakan pada organ hati.

Anggur

Buah anggur khususnya anggur merah dan ungu mengandung beragam khasiat salah satunya resvaratrol yang sangat berguna untuk kesehatan. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi buah anggur dapat menurunkan risiko peradangan, cegah kerusakan serta meningkatkan kadar antioksidan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya