Kaya Serat, Buah Markisa Bisa Bikin Cepat Langsing

Buah Markisa
Sumber :

VIVA – Markisa biasanya banyak ditemui dalam bentuk olahan jus atau sirup, di samping buahnya yang juga enak dikonsumsi langsung. Buah yang sering disebut dengan telur katak ini memiliki tak hanya memiliki rasa enak, tapi juga punya manfaat baik untuk kesehatan.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Menurut dr. Christopher Andrian, Sp.GK, markisa memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk saluran cerna. Serat ini juga bisa meningkatkan probiotik dalam saluran cerna sehingga pencernaan menjadi lebih sehat.

Kandungan serat yang banyak ini juga efektif membantu penurunan berat badan. Sehingga cocok buat kamu yang sedang diet. Apalagi jika markisa ditambahkan ke dalam salad sayuran, asupan serat pun menjadi lebih maksimal.

Makna dan Lirik ‘Markisa’, Lagu Baru Cinta Laura

Baca juga: Doyan Minum Manis-manis, Awas Mati Muda!

"Dalam satu buah markisa mengandung serat 2 gram, sehingga buah markisa bisa jadi selingan atau snack di antara waktu makan buat yang sedang diet supaya tidak gampang lapar dan rasa kenyang lebih lama," ujar Christopher dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat, 20 September 2019.

Cinta Laura Terharu Single Markisa Trending di YouTube

Buat ibu hamil, konsumsi buah markisa juga sangat baik bagi janin di dalam kandungan. Kandungan vitamin A, C, dan zat besi dalam markisa adalah asupan yang dibutuhkan oleh janin. Ibu hamil bisa memanfaatkan markisa sebagai makanan selingan atau snack untuk asupan tambahan.

Selain itu, buah markisa juga baik dikonsumi oleh penderita diabetes. Karena, untuk mempertahankan kadar gula baik, seorang penderita diabetes membutuhkan serat yang baik. Salah satunya dengan pemilihan buah yang kandungan seratnya banyak.

"Satu buah markisa yang dikonsumsi mengandung kira-kira 2 gram serat. Kandungan karbohidratnya juga tidak tinggi. Tapi, jangan dikonsumsi berlebihan karena bisa meningkatkan kadar gula darah," kata Christopher.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari markisa, Christopher menganjurkan agar mengonsumsinya dalam bentuk buah segar. Sebabnya, buah segar memiliki kandungan vitamin A, C, dan serat yang tinggi dibandingkan yang sudah diolah menjadi sirup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya