Serasa Punya Dokter Pribadi hingga Asisten Kehamilan di KlikDokter

Ilustrasi dokter/suster.
Sumber :
  • Pixabay/voltamax

VIVA – Konsultasi kesehatan di zaman yang serba online seperti sekarang jadi makin simple. Dulu, kalau ada tanda-tanda keluhan sakit biasanya orang akan datang ke dokter untuk konsultasi. Enggak terbayang jumlah waktu dan uang yang harus dikeluarkan.

Cara Praktis Konsultasi dengan Dokter Spesialis Tanpa ke Rumah Sakit

Tapi kini, kegiatan konsultasi dokter bisa semudah menjentikkan jari saja. Jika terasa gejala sakit, tinggal search di mesin pencari google maka deretan diagnosis sederhana akan muncul dan bisa dijadikan acuan untuk tahu kondisi kesehatan kita.

Meski mudah, namun saking banyaknya informasi yang bisa diakses justru malah berpotensi bikin pasien termakan hoax. Alih-alih dapat solusi, malah justru bikin sakitnya tambah serius.

Ikuti Singapura, Layanan Kesehatan Online Mulai Dilirik Warga RI

Baca juga: Nunggu Dokter di RS 70 Menit, di Aplikasi Klik Dokter Cuma Semenit

Nah, belakangan konsultasi kesehatan lewat aplikasi secara online mulai ditawarkan. Selain artikel tentang kesehatan yang diverifikasi langsung oleh dokter, juga ada layanan chat langsung dengan dokter. 

Telkomsel Gandeng Halodoc, Apa Sih Untungnya Buat Pelanggan?

Memang sih, berbagai jenis aplikasi konsultasi online menawarkan hal yang mirip-mirip. Dari sekian banyak aplikasi yang ada, VIVA menjajal 5 aplikasi serupa, salah satunya KlikDokter. Menurut VIVA, aplikasi keluaran perusahaan obat Kalbe Farma ini paling menunjang dan memiliki beberapa keunggulan dibanding yang lain. Apa saja sih isinya? Berikut ini ulasannya.

Chat dokter responsnya kurang dari 2 menit

Ini nih fitur unggulan di setiap aplikasi kesehatan. Yup betul, setiap aplikasi kesehatan online menyediakan fitur chat bersama dokter. Namun setiap aplikasi punya kebijakan dan sistem yang berbeda-beda. Nah, di KlikDokter, chat bersama dokter rasanya seperti punya dokter pribadi yang stand by setiap saat.

Dibandingkan dengan aplikasi lain yang rata-rata membalas chat pasien 5-15 menit, namun KlikDokter menyajikan realtime, lho! Dalam waktu kurang dari 2 menit, chat kamu langsung dibalas.

Selain itu, aplikasi lain menyisipkan tawaran membaca artikel terkait gejala sebelum pengguna chat dengan dokter. Menurut VIVA hal itu kurang efektif. Namun tidak dengan KlikDokter yang memberikan respons langsung dari dokter. Ini sangat penting lho, terlebih bagi pasien yang membutuhkan pertolongan pertama. Tak cuma itu, yang unggul dari KlikDokter, pengguna juga akan ditanyai detail soal keluhan, sehingga dokter akan lebih akurat menjawab.

Artikel kesehatan yang update 1 jam sekali

Mengetahui berbagai informasi kesehatan penting sekali, apalagi jika sumbernya jelas. Nah, di KlikDokter, pasien akan mendapat update artikel kesehatan di fitur ‘Info Sehat’ satu jam sekali. Artikel yang disajikan juga diverifikasi oleh para dokter.

Maternity yang super lengkap

Bagi para ibu hamil (bumil) pembahasan seputar pregnancy dan maternity itu penting sekali. Ini yang tak dimiliki aplikasi lain. Meski ada beberapa aplikasi yang membahas khusus soal maternity, namun belum ada yang mengemasnya lengkap seperti KlikDokter.

Ibarat mal, konsepnya KlikDokter mirip 'one stop shopping' semuanya ada dalam satu aplikasi. Dalam fiturnya ada kalender kehamilan dan kalender kesuburan. Selain itu, ada pula topik-topik spesial yang membahas soal kehamilan, anak, dan kesuburan bersama dokter spesialis. Jadi enggak cuma konsultasi soal kehamilan, bumil juga bisa memantau perkembangan janinnya lewat kalender kehamilan, dalam satu aplikasi. Keren kan.

Daftar track record dokter dan rumah sakitnya jelas

Di aplikasi KlikDokter, pengguna enggak perlu lagi was-was soal latar belakang dokter. Karena semua dokter yang ada di aplikasi ini profil dan track record-nya dipaparkan jelas dalam fitur 'dokter'. Dalam keterangannya terdapat 854 dokter di seluruh Indonesia, yang terdiri dari dokter umum, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anak, Spesialis paru, spesialis kebidanan dan kandungan, juga spesialis mata.

Selain itu, ada pula daftar rumah sakit yang terkait dengan KlikDokter.Tercatat ada 1859 RS di seluruh Indonesia. Pengguna bisa tahu soal lokasi RS terdekat, fasilitas, hingga informasi apakah RS itu rekanan BPJS. Ciamik deh.

Informasi soal obat dan penyakit

Yang terakhir, fitur yang jarang ada di aplikasi kesehatan serupa adalah soal informasi obat dan penyakit. Mirip kamus online, pengguna bisa dengan mudah mencari tahu soal penyakit, dan nama-nama zat kandungan obat. Info ini tentu bisa membantu pengguna lebih mawas diri mengonsumsi obat. Yang pentingnya lagi, informasi seputar obat dan penyakit ini disajikan untuk masyarakat awam, sehingga mudah dibaca dan dipahami. Mantul banget!

Info tambahan, selain tools yang VIVA sebutkan di atas, yang tak kalah penting adalah desain KlikDokter yang simpel banget dan mudah diakses. Rasanya enggak cuma milenial aja, Oma Opa kita juga bisa dengan mudah mengakses aplikasi ini.

?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya