Usus Tak Sehat Picu Anak Gampang Sakit

Ilustrasi anak demam.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Usus merupakan sistem pencernaan tubuh terbesar yang ada pada tubuh. Tak banyak yang tahu, selain mencerna makanan, usus juga berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh lho.

Kisah Bintang Porno Angela White Hampir Mati Usai Syuting Adegan Panas, Ukuran Mr P Terlalu Besar?

Sekitar 70 persen besarnya imunitas tubuh berasal dari usus. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya bakteri baik yang hidup di dalam usus dan membuat sistem pertahanan tubuh bisa bekerja maksimal.

"Segala macam penyakit, bersumber dari usus yang tidak sehat karena 60 sampai 70 persen imunitas tubuh berasal dari usus. Di dalam usus, jumlah total bakteri baik sebanyak 85 persen dan angka itu harus seimbang," ujar Dokter Spesialis Anak Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), dalam acara Lactogrow, di kawasan Wijaya, Jakarta, Rabu 25 September 2019.

Benarkah Minum Air Dingin Setiap Hari Bisa Berdampak Buruk? Begini Penjelasannya

Pada anak-anak, penyakit yang menyerang sebagian besarnya pun dipengaruhi oleh kondisi usus. Khusus pada anak, ususnya belum matang secara sempurna sehingga lebih rentan terhadap penyakit.

"Sel-sel pencernaan dan lapisan tipis di usus masih ada jarak ditambah sistem kekebalan tubuh belum baik sehingga bakteri mudah masuk ke dalam. Anak jadi mudah infeksi," terangnya.

Deretan Manfaat Makan Buah di Pagi Hari

Untuk itu, dokter Ariani menyarankan agar para ibu bisa memberikan makanan baik yang sehat untuk usus anak. Dengan makanan tepat, usus anak menjadi sehat dan tubuhnya pun bisa beraktivitas dengan maksimal.

"Untuk jaga keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus, makanan probiotik harus dikonsumsi anak. Jenis makanan probiotik yaitu susu, yogurt, serta tempe," kata dia.

Belut

Begini Penampakan Mengerikan Belut Besar yang Ditemukan Hidup di dalam Perut Seorang Pria

Baru-baru ini, seorang dokter di Vietnam sukses menyelamatkan nyawa seorang pria dari situasi gawat, yaitu berhasil mengeluarkan seekor belut hidup dari perut pria ini

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024