Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong Setelah Bangun Tidur

Air mineral/air putih.
Sumber :
  • Pixabay/rawpixel

VIVA – Wanita Jepang terkenal dengan sosok langsing, sehat, dan punya kulit kencang juga kinclong. Terlepas dari faktor genetik yang mempengaruhinya, banyak yang mengatakan bahwa rahasia cantik wanita Jepang karena selalu melakukan ritual minum air putih setelah bangun tidur saat perut masih kosong.

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

Ya, banyak yang meyakini, minum air putih rutin saat bangun tidur dalam keadaan perut masih kosong bisa menjaga tubuh tetap sehat. Sederhananya, sebagian besar wanita Jepang segera minum air setelah bangun tidur.

Baca Juga: Sayuran Hijau Punya Khasiat Ajaib, Begini Rahasia Masaknya

6 Tips Jaga Stamina Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sungkan untuk Olahraga Ringan

Ritual ini, yang sekarang berakar dalam dalam budaya Jepang, sebenarnya adalah bentuk pengolahan air yang terbukti secara ilmiah bisa membantu menyembuhkan sejumlah gangguan tubuh. Tidak seperti orang-orang AS dan negara-negara barat lainnya, orang-orang di Jepang tidak banyak yang dikabarkan menderita gangguan seperti obesitas dan diabetes.

Sepertinya masuk akal, jika kebiasaan ini juga kita terapkan sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Seperti dikutip laman Life Hack berikut kita ungkap lebih jauh, mengapa minum air putih setelah bangun tidur saat perut kosong sangat penting.

Jangan Asal Makan Minum, Ustaz Hilman Fauzi Ungkap Ada 4 Adab dalam Berbuka Puasa

Perlu diketahui, 70 persen tubuh kita terdiri dari air, jadi penting untuk membuatnya segar dan penting untuk selalu mengisi ulang air agar seluruh sel-selnya bekerja dengan baik. Ketika kebutuhan air tubuh tidak terpenuhi, tentu akan ada berbagai konsekuensi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang yang negatif bisa terjadi.

Dan seperti diketahui, dehidrasi jangka panjang dapat menyebabkan rheumatoid arthritis, migrain, angina, kolitis, dispepsia, hipertensi, obesitas, wasir, kanker payudara, TBC paru-paru, batu ginjal, sinusitis, dan kanker rahim.

Untuk itu, bantu tubuh kamu segera untuk menghindari kondisi ini dengan minum air putih setelah bangun tidur dan menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi sepanjang hari. Berikut, manfaat minum air putih setelah bangun tidur.

Bikin Segar

Ini adalah metode yang terbukti mampu mengobati gangguan tubuh, gangguan menstruasi, dan penyakit terkait mata. Tak cuma itu, dengan konsumsi air putih setelah saat bangun tidur, kamu juga akan merasa segar sepanjang hari.

Minum empat gelas

Minumlah sekitar 160 ml air sekali minum atau empat gelas segera setelah bangun tidur, sebelum menyikat gigi dan dalam keadaan perut kosong. Dan ingat, jika ingin manfaatnya terasa, jangan makan apapun selama 45 menit berikutnya.

Minumlah air setidaknya 30 menit sebelum makan, tetapi tidak selama dua jam berikutnya setelah sarapan, makan siang, dan makan malam.

Nah, jika kamu tidak dapat minum empat gelas air pada waktu perut kosong, maka kamu bisa mulai dengan satu gelas atau sebanyak yang kamu mampu. Setelah itu, kamu bisa secara bertahap meningkatkan asupan air putih hingga mencapai tingkat 640 ml seperti yang dianjurkan.

Bersihkan tubuh dari racun

Saat kamu minum air, secara alami mendorong gerakan di usus. Pada malam hari, tubuh kamu memperbaiki dirinya sendiri dan membuang semua racun dalam tubuh. Ketika kamu minum air pada saat perut kosong di pagi hari, kamu akan membuang racun berbahaya ini, meninggalkan tubuh segar dan sehat. Minum banyak air dapat membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru

Meningkatkan Metabolisme

Minum air putih saat perut kosong dapat meningkatkan laju metabolisme kamu setidaknya 24 persen. Ini sangat penting bagi orang-orang yang melakukan diet ketat. Tingkat metabolisme yang meningkat berarti sistem pencernaan yang lebih baik. Kamu akan dapat mengikuti rutinitas diet dengan lebih mudah jika kamu mencerna lebih cepat. Minum air segera setelah bangun tidur juga bisa membersihkan usus besar, sehingga lebih mudah untuk menyerap nutrisi.

Berat badan turun dengan cara sehat

Ketika minum air putih di pagi hari dengan perut kosong, kamu akan melepaskan semua racun dan itu akan meningkatkan sistem pencernaan. Dengan begitu, kamu akan merasa kurang lapar dan keinginan untuk ngemil jadi berkurang. Ini akan mencegah kenaikan berat badan yang disebabkan oleh makan berlebihan.

Meringankan Mulas dan Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan disebabkan oleh peningkatan keasaman di perut. Umumnya, seseorang akan menderita mulas ketika asam refluks masuk ke kerongkongan. Nah, saat kamu minum air pada saat perut kosong, asam ini didorong ke bawah dan diencerkan, memecahkan masalah.

Bikin kulit kinclong

Dehidrasi menyebabkan keriput dini dan pori-pori dalam di kulit. Ditemukan dalam sebuah penelitian bahwa minum 500 ml air pada saat perut kosong meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit bercahaya. Selain itu, minum lebih banyak air sepanjang hari berarti tubuh melepaskan racun, yang akan membuat kulit lebih bersinar.

Bikin rambut sehat

Dehidrasi dapat berdampak serius pada pertumbuhan rambut. Minum banyak air menutrisi rambut dari dalam ke luar. Air membentuk hampir seperempat dari berat helai rambut. Asupan air yang tidak cukup dapat menyebabkan rambut rapuh dan helaian rambut tipis. Kamu harus minum lebih banyak air setiap hari, dan minum air putih saat perut kosong dapat meningkatkan kualitas rambut kamu.

Mencegah Infeksi Batu Ginjal dan Kandung Kemih

Minum air segera setelah bangun tidur penting untuk mencegah infeksi batu ginjal dan kandung kemih. Ini adalah fakta bahwa minum air pada saat perut kosong bisa mengencerkan asam yang menyebabkan batu di ginjal. Semakin banyak air yang kamu minum (hingga batas yang sehat), semakin kamu akan terlindungi dari berbagai jenis infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh racun.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Minum air putih pada saat perut kosong membantu dalam pembilasan dan menyeimbangkan sistem limfatik, yang mengarah pada peningkatan tingkat kekebalan. Sistem kekebalan yang kuat akan membuat kamu aman dari berbagai penyakit dan mencegah kamu jatuh sakit.

Nah, sudah tahu kan, ada banyak manfaat minum air putih segera setelah bangun tidur. Enggak perlu ragu, ini bisa jadi cara termudah untuk membuat perubahan positif pada gaya hidup kamu tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya