8 Upaya Lindungi Diri dari Bencana Asap

Kondisi kabut asap di Kalimantan Tengah
Sumber :
  • instagram.com/yulistraivo

VIVA – Sejak beberapa waktu lalu, kebakaran hutan dan lahan terjadi di beberapa wilayah. Kejadian ini juga berdampak pada kesehatan masyarakat.

Kepala Bidang Evaluasi dan Informasi Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan, Ira Cyndira Tresna terdapat upaya-upaya untuk melindungi diri dari bencana asap saat ini. Ditemui di Forum Merdeka Barat 9, Rabu, 2 Oktober 2019, Ira menyebutkan delapan upaya perlindungan diri itu.

1. Kurangi Aktivitas Luar Rumah
Pertama yang harus dihindari atau kurangi adalah melakukan kegiatan di luar rumah atau gedung. Ira memberi catatan upaya ini perlu dilakukan bagi masyarakat yang memiliki penyakit jantung dan gangguan pernafasan.

2. Gunakan Masker
Namun jika harus melakukan kegiatan diluar rumah, Ira mengingatkan sebaiknya masyarakat menggunakan masker.

3. Minum Air Putih
Dia juga mengingatkan bagi masyarakat untuk selalu meminum air putih. Intensitasnya juga minum lebih banyak dan sering.

4. Konsultasi Pada Dokter
Bagi masyarakat yang memiliki gangguan paru dan jantung, Ira mengatakan untuk berkonsultasi pada dokter. Ini dilakukan untuk ada perlindungan tambahan sesuai kondisi masyarakat itu.

5. Pola Hidup Sehat
Masyarakat juga diingatkan untuk selalu melakukan perilaku hidup bersih sehat. Perilaku tersebut adalah memakan makanan bergizi, dan juga istirahat yang cukup.

6. Jangan Biarkan Polusi Masuk Bangunan
Bagian dalam bangunan diusahakan untuk terbebas dari polusi seperti asap. Jangan biarkan masuk ke bagian dalam rumah, sekolah, kantor dan ruang tertutup lainnya.

7. Perlindungan Pada Bahan yang Dikonsumsi
Baik makanan dan penampungan air minum harus terjaga dengan baik.

8. Cuci Sebelum Dikonsumsi
Terakhir Ira mengingatkan untuk selalu mencuci sayuran dan buah-buahan sebelum dikonsumsi. Bahan makanan dan minuman lainnya juga harus mendapatkan perlakuan yang sama. 

Penampakan Api Unggun di Titik Jatuhnya Pesawat Smart Aviation, Tanda SOS Pilot Selamat
Ilustrasi pemadaman kebakaran hutan

240 Hektare Lahan di Natuna Terbakar, Kabut Asap Ganggu Lalu Lintas

Lahan seluas 240 hektare di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau terbakar hingga mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas di sekitar lokasi.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024