Hamil Bayi Kembar Seperti Irish Bella Lebih Risiko Keguguran, Kenapa?

Ilustrasi hamil.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kabar meninggalnya anak kembar Irish Bella saat masih di kandungan mendapat perhatian publik. Belakangan diketahui bahwa salah satu penyebab kematian dari bayi kembar tersebut ialah Twin to Twin Transfusion Syndrome atau TTTS .

Pengalaman Pahit Anne Hathaway Keguguran di Tengah Peran Hamil

TTTS sendiri terjadi akibat kelainan pada plasenta di rahim yang menyebabkan dampak berbahaya pada janin. Dokter menyebutkan bahwa Irish Bella mengalami solusio plasenta sehingga membuat kondisi TTTS terjadi. Hal ini memicu Irish Bella dan Ammar Zoni harus merelakan kepergian janin bayi kembarnya.

Terlepas dari kelainan tersebut, mengandung dua bayi kembar sekaligus memang memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami keguguran. Hal tersebut diungkapkan oleh Medical Director - Morula IVF Indonesia,  dr. Arie Polim, SpOG.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

"Karena gini, bayi kembar peregangan rahim lebih besar, dan itu membuat kontraksi lebih banyak. Pecah ketuban lebih sering, kalau bayi satu misalnya dua kilo kalau dua kali, dua empat kilo. Kalau 2.5 dikali 2 itu 5 kilo," ungkap Arie saat konferensi pers Ultimate Services, Tingkatkan Kepercayaan Pejuang Buah Hati, Selasa, 8 Oktober 2019.

Ditemui di tempat yang sama CEO - Morula IVF Indonesia, dr. Ivan Sini, SpOG, juga mengatakan bahwa pada dasarnya kandungan perempuan memang hanya didesain untuk satu bayi. Sehingga ketika mengandung bayi kembar akan membuat risiko komplikasi lebih tinggi.

Dihamili 3 Kali, Korban Inses di Bengkulu Malah Peluk dan Tangisi Pelaku

"Pasti, kurang gerak, kemudian komplikasi darah tinggi meningkat, kemudian komplikasi perdarahan meningkat, dan risiko prematuritas juga tinggi, " ungkap Ivan.

Sementara itu, Arie juga kembali menambahkan bahwa faktor kelelahan juga busa menjadi salah satu penyebab risiko keguguran meningkat. Sehingga, menurutnya penting bagi perempuan hamil, terutama yang mengandung bayi kembar seperti Irish Bella sebelumnya, untuk tetap selalu menjaga kesehatan.

Ilustrasi wanita hamil mengemudi

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Pada momen mudik Lebaran 1445H ini, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) membuka Posko Mudik 'Posko OPOR Bu Bidan' di beberapa lokasi titik mudik. Ada di wilayah mana saja?

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024