Ternyata Menangis Punya Manfaat bagi Kesehatan Mata

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pexels/Kat Jayne

VIVA – Menangis adalah suatu proses alami yang terjadi pada manusia. Hampir semua manusia dilahirkan dengan keadaan menangis. 

Pilih Diam, Tangis Ria Ricis Pecah Usai Proses Mediasi dengan Teuku Ryan

Setiap manusia dewasa pun pasti pernah menangis. Jika dilihat dari sisi gender, wanita lebih sering menangis daripada pria. Seperti dilansir dari medicaldaily, wanita menangis rata-rata 5,3 kali per bulan, sedangkan pria rata-rata menangis 1,3 kali per bulan. 

Menurut peneliti, hal ini karena wanita lebih mampu mentransfer emosinya secara biologis menjadi air mata, ditambah juga kelenjar air mata wanita lebih kecil daripada pria.

Air Mata Wanita Membuncah, Begini Efeknya ke Pria

Tetapi, tahukah Anda bahwa air mata yang keluar dari mata kita berbeda-beda tergantung dari fungsi dan penyebab yang mengakibatkan munculnya air mata tersebut?

Di sisi lain, menangis juga dikaitkan dengan masalah kesehatan jiwa. Secara psikologis, menangis bisa meringankan depresi. Lebih jauh soal manfaat menangis bagi kesehatan akan dikupas lengkap dalam tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne Kamis 10 Oktober 2019, bersama dokter spesialis mata dr. Rina La Distia Nora, PhD, SpM(K).

Ingat Perjuangan Adjie Massaid, Angelina Sondakh Tak Kuasa Tahan Air Mata

Jika Anda tak sempat saksikan AHS di layar kaca bisa disimak live streamingnya di laman Viva.co.id pukul 13.00-14.00 WIB.

Nikita Mirzani

Momen Haru Nikita Mirzani Nangis Sesenggukan di Atas Sajadah saat Ultah, Warganet Ikut Mewek

Nikita Mirzani berulang tahun yang ke-38 pada hari ini, Minggu, 17 Maret 2024. Di momen spesialnya itu, Niki mendapat kejutan dari orang-orang terdekatnya.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2024