Bosan Minum Air Putih, Coba 7 Makanan yang Bikin Tubuh Terhidrasi

Buah stroberi
Sumber :
  • Pixabay/Engin_Akyurt

VIVA – Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, sangat penting dilakukan. Bukan cuma untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi, tapi juga bisa membuat tubuh tetap bugar dan sehat. Enggak cuma bisa dilakukan dengan minum air putih tujuh-delapan gelas sehari, ada juga makanan lain yang bisa jadi sumber hidrasi untuk tubuh.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Perlu diketahui, dehidrasi dapat menyebabkan beberapa masalah terkait kesehatan seperti kelelahan, sakit kepala, masalah kulit, dan kram otot. Dehidrasi yang berkepanjangan bahkan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius seperti kegagalan organ.

Tetapi meski minum air putih rutin bisa membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, banyak lho, yang mengaku bosan dan malas melakukannya. Buat kamu yang malas minum air putih, ada beberapa buah dan sayuran yang dapat memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh.

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Berikut adalah 7 makanan yang mengandung banyak air pencegah dehidrasi seperti dikutip laman Times of India.

Semangka

Tak Suka Air Putih? Ahli Beberkan Minuman Alternatif yang Bisa Gantikan Hidrasi Tubuh

Sehat, enak dan segar, semangka adalah salah satu makanan paling melembapkan yang bisa kamu konsumsi. Buah super ini bisa membantu menghidrasi tubuh dan sarat dengan serat dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin C, Vitamin A, magnesium, dan kalium. Semangka juga kaya antioksidan lycopene, yang dapat mencegah risiko kanker dan stroke. Kadar air yang ada dalam buah semangka, 96 persen.

Bayam

Bayam mengandung magnesium dan vitamin serta mineral penting lainnya. Sayuran berdaun hijau ini bisa melembapkan tubuh, rendah kalori dan baik untuk kulit, rambut, dan kesehatan tulang. Kadar air sayur bayam, 92 persen.

Timun

Sifat pendinginan alami mentimun dapat melindungi tubuh dari dehidrasi dan panas berlebih. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, mentimun mengandung sejumlah kecil nutrisi, seperti vitamin K, kalium dan magnesium. Sayuran kaya air ini mengandung jumlah kalori yang rendah. Kadar airnya, 95 persen.

Tomat

Tomat sangat kaya akan nutrisi, vitamin, dan antioksidan. Sayuran merah ini tidak hanya bikin tubuh terhidrasi, tetapi juga melindungi kamu dari berbagai penyakit. Kamu bisa menikmati tomat dengan berbagai cara, bisa dijus atau menambahkan ke dalam salad untuk menjaga persediaan air dalam tubuh. Kadar air tomat, 94 persen.

Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C dan potasium, yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan jantung. Buah ini juga kaya akan antioksidan penangkal penyakit yang dapat mencegah kerusakan sel dengan mengurangi peradangan. Kadar air buah jeruk, 88 persen.

Stroberi

Sekitar 91 persen berat stroberi adalah karena kandungan air. Buah ini cocok banget jadi menu utama diet karena bagus untuk mempertahankan asupan air harian. Selain itu, stroberi kaya akan serat, antioksidan penangkal penyakit, vitamin, dan mineral. Kadar airnya, 91 persen.

Blewah

Blewah sangat bergizi dan melembapkan. Satu cangkir blewah mengandung 90 persen air. Selain itu, blewah kaya akan vitamin A dan C, yang keduanya baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya