Makan Jamur Ternyata Bisa Cegah Kanker Prostat

Ilustrasi jamur.
Sumber :
  • Pixabay/Engin_Akyurt

VIVA – Jamur menjadi salah satu bahan makanan favorit masyarakat. Bukan hanya sekadar sebagai pelengkap makanan, terkadang jamur sering disajikan sebagai hidangan utama.  

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

Selain pengolahannya yang mudah, jamur begitu difavoritkan oleh masyarakat lantaran rasanya yang gurih. Bukan hanya itu, ternyata mengonsumsi jamur juga bisa memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Baru-baru ini diketahui bahwa mengonsumsi jamur dapat mencegah risiko kanker prostat bagi pria. Dr Shu Zhang, dari Universitas Tohoku melakukan studi pada organisme hidup dan hasilnya menunjukkan bahwa jamur memiliki potensi untuk mencegah kanker prostat.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Namun, hubungan antara konsumsi jamur dan kejadian kanker prostat pada manusia belum pernah diteliti sebelumnya. Demikian dilansir dari Mirror.co.uk, Senin, 14 Oktober 2019.

"Sejauh pengetahuan kami, ini adalah studi pertama yang menunjukkan potensi pencegahan kanker prostat jamur pada tingkat populasi,” kata dia.

Cara Efektif Hilangkan Ketombe Menurut Dokter, Kenali Dulu Penyebabnya

Dalam studi tersebut, peneliti mensurvei 36.499 pria mengenai pilihan gaya hidup mereka termasuk konsumsi makanan, aktivitas psikis dan kebiasaan merokok dan minum, serta menganalisis catatan medis mereka. Hasilnya mengungkapkan bahwa secara keseluruhan, 3,3 persen dari peserta memiliki risiko kanker prostat selama masa tindak lanjut.

Namun, peserta yang makan jamur sekali atau dua kali seminggu memiliki risiko 8 persen lebih rendah terkena penyakit ini, dibandingkan dengan mereka yang makan jamur kurang dari sekali seminggu.

Sementara itu, pria yang makan jamur lebih dari tiga kali seminggu memiliki risiko kanker prostat 17 persen lebih rendah.

"Hasil penelitian kami menunjukkan jamur mungkin memiliki efek kesehatan yang positif pada manusia,” kata dia.

Para peneliti percaya bahwa efek perlindungan jamur terhadap jenis kanker ini mungkin disebabkan karena jamur mengandung L-ergothioneine dan antioksidan tinggi, yang dipercaya dapat mengurangi stres oksidatif.

"Meskipun penelitian kami menunjukkan konsumsi jamur secara teratur dapat mengurangi risiko kanker prostat, kami juga ingin menekankan bahwa makan makanan yang sehat dan seimbang jauh lebih penting daripada mengisi keranjang belanja Anda dengan jamur,” kata Zhang menambahkan. (zho)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya