Bahaya dan Mematikan, Ini Sebab Meningitis yang pernah Diidap Ashanty

Ashanty.
Sumber :
  • Instagram @ashanty_ash

VIVA – Selain didiagnosis mengidap automimun baru-baru ini, Ashanty ternyata juga sempat menderita meningitis beberapa tahun lalu. Bahkan, hal tersebut membuatnya terpukul dan juga depresi.

Terungkap! Keajaiban yang Dialami Ashanty Saat Umrah, Kisahnya Bikin Merinding

Dalam sebuah wawancara di Youtube Cumicumi, istri dari Anang Hermansyah itu mengungkapkan betapa kalutnya ia saat diberitahu terkena meningitis di tahun 2013. Ashanty bahkan kerap berpikir hidupnya tak lama lagi.

"Pas aku sakit, aku mikir-mikir, apa aku masih bisa berkarier? Karena kan pas sakit aku sempet drop," kata Ashanty dalam wawancara tersebut, Senin, 14 Oktober 2019.

Deretan Artis Rayakan Idul Fitri di Tanah Suci Mekkah

Sebenarnya, penyakit apa meningitis itu? Dan seberapa berbahaya penyakit tersebut hingga membuat Asanty demikian terpukul?

Seperti dilansir dari Healthline meningitis ialah peradangan yang terjadi pada meninges. Meninges sendiri ialah tiga selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang.  Meningitis dapat terjadi ketika cairan di sekitar meninges terinfeksi.

Helena Lim Ditahan karena Kasus Korupsi, Ini Kata Ashanty

Penyebab meningitis yang paling umum adalah infeksi virus dan bakteri. Penyebab lain mungkin termasuk, kanker, iritasi kimia, jamur, hingga alergi obat.

Beberapa virus dan bakteri meningitis bisa menular. Mereka dapat ditularkan dengan batuk, bersin, atau kontak dekat. Bakteri meningitis sangat serius dan dapat mematikan.  

Kematian dapat terjadi hanya dalam beberapa jam. Kebanyakan orang sembuh dari meningitis. Namun, cacat permanen seperti kerusakan otak, gangguan pendengaran, dan ketidakmampuan belajar dapat terjadi akibat infeksi. Oleh karena itu penanganan yang cepat dan tepat sangatlah dibutuhkan untuk penyakit ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya