Gangguan Kecemasan Picu Depresi, Dokter Sarankan Berlatih Napas

Aktris Korea Sulli.
Sumber :
  • instagram @jelly_jilli

VIVA – Meninggalnya mantan anggota girlband f(x), Sulli masih menjadi perbincangan. Salah satunya mengenai penyebab ia bunuh diri dengan cara gantung diri. Depresi disebut menjadi salah satu pemicu utama Sulli melakukan tindakan tersebut.

Bukan Cuma Lee Sun Kyun, Ini 4 Sahabat IU yang Meninggal karena Bunuh Diri

Sulli di masa hidupnya harus berjuang dengan gangguan panik dan phobia sosialnya yang kerap menyerang. Ia diketahui sempat membuka diri mengenai hal ini dalam reality show Jinro Store.

Dalam acara itu, ia mengaku sering merasa tersakiti saat ditinggalkan oleh orang terdekatnya dan merasa tak dimengerti oleh banyak orang.

15 Artis Korea Meninggal karena Bunuh Diri, Terbaru Lee Sun Kyun

Penyebab depresi sendiri bisa karena banyak faktor, termasuk rasa cemas yang rentan mengintai. Dikatakan dokter spesialis kesehatan jiwa, dr. Heriani, SpKJ(K), hal yang membuat cemas cenderung berasal dari perbedaan perspektif.

"Permasalahan berawal dari yang dipikir enggak sama dengan realita. Coba lihat sesuatu tanpa opini dan tidak menghakimi. Dengar dulu perspektif orang lain sehingga mungkin bisa menemukan kesamaan pandang," ujar Heriani saat ditemui baru-baru ini.

Film Dokumenter Sulli Dirilis, Banyak Fakta Mencengangkan Terungkap

Meski begitu, Heriani tak menepis bahwa rasa cemas memang bisa dialami oleh siapa pun. Menurutnya, rasa cemas perlu dihadapi dengan trik yang tepat agar tidak berlarut-larut.

Heriani mengatakan bahwa mengatasi cemas bisa melalui latihan pernapasan perut. Caranya dimulai dengan menarik napas lalu tahan sebentar dan biarkan hembusan napas dikeluarkan secara perlahan dengan disertai pikiran hal menyenangkan.

"Lakukan ini agar punya kendali pada tubuh kita," katanya.

Begitu pula dengan melakukan liburan atau menjalankan olahraga yang mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks dan melepas rasa cemas. Selain itu, bisa mulai melatih komunikasi dengan sikap yang lebih asertif.

"Artinya latihan mengemukakan pendapat, tanya alasan penolakan lalu negosiasi. Bukan komunikasi yang mendominasi atau pasrah," ucapnya.

Jika Kamu butuh bantuan konsultasi untuk mengatasi masalah depresi atau Kamu melihat orang yang ingin melakukan aksi bunuh diri, bisa menghubungi nomor darurat Kementerian Kesehatan di 119. (zho)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya