Cuci Tangan Cuma Pakai Air Kobokan Ternyata Bahaya

Ilustrasi air.
Sumber :
  • Pixabay/Alexas_Fotos

VIVA – Saat menyantap pecel lele atau nasi Padang, banyak tempat makan yang menyediakan mangkuk kecil berisi air dan potongan jeruk nipis untuk cuci tangan. Mangkuk berisi air ini juga biasa dikenal dengan air kobokan.

Reino Barack Ungkap Hal yang Bisa Buat Syahrini Marah

Air kobokan sendiri dimaksudkan untuk memudahkan pelanggan mencuci tangan sebelum makan. Tapi, mampukah air kobokan tersebut membersihkan tangan dari kuman?

"Ya enggak bagus. Harusnya pakai sabun dan air mengalir. Misalnya pakai hand sanitizer lalu kemudian disiram.Kkuncinya mengalir yang fungsinya seperti flushing aja," ucap dr Kanaya Fidzuno SpA di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Oktober 2019.

Piala Dunia U-20 Batal di RI, Partai Garuda: Para Penolak Tim Israel Jangan Cuci Tangan

Seperti diketahui bahwa dalam air kobokan sendiri, air hanya berkubang di dalam sebuah wadah. Sehingga tidak ada proses air mengalir seperti standar mencuci tangan pada umumnya. Jika cuci tangan tidak dilakukan dengan benar, hal ini juga bisa berdampak pada kesehatan.

"Banyak banget. Soalnya diare dampaknya. Dokter juga sudah bilang angka penyakit infeksi udah meningkat, salah satunya itu diare," ujar Kanya.

5 Momen Penting untuk Cuci Tangan Pakai Sabun, Kapan Saja?

Ia menambahkan bahwa risiko kesehatan itu semakin meningkat ketika tidak diajarkan kebersihan mencuci tangan sejak kecil. Kanya mengatakan, jika tidak terbiasa mencuci tangan, anak akan mudah terkena rotavirus.

"Bahwa tersering mengenai anak yaitu rotavirus, karena dia air, cair, diselingi dengan muntah dan dehidrasi. Yang bikin kematian bukan rotavirusnya, tapi dehidrasinya. Jadi dengan cuma cuci tangan dapat mengurangi angka kematian diare," kata Kanya. 

Ilustrasi anak sakit.

Pakar Sebut Penyakit Infeksi Rentan Menular, Tapi Cegahnya Mudah

Para pakar menegaskan bahwa cara paling mudah dalam mencegah penularan penyakit infeksi ini adalah dengan pola hidup bersih dan sehat, salah satunya cuci tangan.

img_title
VIVA.co.id
15 Oktober 2023