3 Aturan Ngemil, Supaya Gak Bikin Kamu Gemuk

Ilustrasi makanan manis/cupcakes.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Makanan sehat membutuhkan perencanaan yang tepat. Ini tidak hanya berlaku untuk makanan utama saja, tetapi juga makanan ringan yang kerap kamu konsumsi.

Membangun Kebiasaan Makan Sehat pada Anak, Peran Orang Tua dalam Memilih Camilan

Walaupun kebiasaan ngemil dilakukan dengan spontan, Kamu harus merencanakannya dengan sangat baik untuk memastikan camilan yang Kamu makan adalah camilan sehat.

Jika Kamu bingung memilih camilan yang sehat, berikut tiga tips yang bisa membantu memilih camilan yang sehat, supaya tetap langsing. Seperti dilansir dari Times of India, Minggu, 20 Oktober 2019.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Pilih camilan yang tepat

Menurut ahli, camilan harus mengandung antara 150-250 kalori. Makanan ringan Kamu harus mengandung 5 gram protein, 3 gram serat dan tidak lebih dari 12 gram lemak. Protein dan serat akan membantu merasa kenyang lebih lama, jadi Kamu enggak ada keinginan lagi buat mengambil camilan lain.

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Kalau susah mendapatkan semua kandungan itu dalam satu camilan, Kamu bisa menambahkannya dengan camilan lain. Misal, jika satu camilan kurang protein, Kamu bisa mengambil camilan lain yang mengandung banyak protein.

Cara tepat mengonsumsi camilan

Hanya ada satu cara yang tepat untuk mengemil, yaitu sadar. Perlakukan camilan Kamu layaknya makanan ringan, bukan makanan utama. Ambil camilan dengan piring layaknya makanan utama. Ini akan membuat Kamu merasa lebih kenyang.

Selain itu, jangan melakukan banyak kegiatan saat makan camilan. Nikmati setiap gigitan dan cita rasa makanan.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2009 menemukan bahwa ketika Kamu terganggu saat makan, Kamu lebih mungkin untuk ngemil. Ini terjadi ketika kita makan, tubuh memberikan informasi tentang makanan. termasuk rasa, tekstur dan seberapa puasnya kita.

Ini disebut ingatan makanan. Ketika kita tidak memiliki ingatan makanan yang tepat, kita cenderung akan makan berlebih atau sebaliknya kurang makan.

Waktu tepat untuk mengemil

Salah satu cara termudah untuk mengetahui kapan Kamu benar-benar membutuhkan camilan adalah dengan menggunakan skala 1 hingga 10, di mana 1 rasa lapar dan 10 kenyang. Kamu perlu camilan saat skornya 3-4.

Sebuah studi pada 2011 yang dilakukan oleh Fred Hutchinson Cancer Research Center menemukan bahwa orang yang melewatkan camilan di pagi hari, kehilangan berat badan lebih banyak dibanding mereka yang mengonsumsi camilan di pagi hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya