Tetap Bugar di Usia Senior Seperti Ma'ruf Amin, Ini Saran Dokter

KH Maruf Amin.
Sumber :
  • VIVA/Eduward

VIVA – KH Ma'ruf Amin resmi menjabat sebagai Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Hal yang menarik dari beliau salah satunya adalah di usia yang bukan lagi muda, namun tetap bisa aktif menjadi orang kedua di Indonesia.

Jangan Diabaikan, Ini Sederet Tips Sehat di Tengah Polusi Udara yang Memburuk

Menurut Dokter Spesialis Jantung Paru, dr. Vito Damay, Sp.JP., jika melihat pelantikan presiden dan wakil presiden 20 Oktober 2019, sebenarnya ada rasa kagum bagaimana dua wakil presiden yakni Pak Ma'ruf Amin yang sekarang resmi menjabat dan Pak Jusuf Kalla yang sebenarnya tergolong senior dari segi usia.

"Bila orang-orang seusia beliau ini pada umumnya sudah memasuki atau mempersiapkan masa pensiun, malah beliau-beliau ini masih aktif bekerja dan pekerjaannya pun bukan sembarangan. Hal tersebut patut menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia bahwa usia senior tetap bisa produktif," kata dokter Vito dikutip VIVA, Senin, 21 Oktober 2019.

Tips Turunkan Kolesterol Pasca Idul Adha Ala Dokter Zaidul Akbar

Kadang, sebagian orang berpendapat di usia 50-an atau 60-an mereka sudah tua sudah tidak mampu lagi. Nah, agar tetap bisa aktif dan produktif seperti Bapak Ma'ruf Amin, berikut 5 tips bugar dari dokter Vito.
 
Olahraga

Ya benar, olahraga juga ada caranya. Sepeda statis atau berenang 30 menit sehari adalah cara yang aman untuk berolahraga bagi usia senior karena tidak banyak membebani tulang dan sendi yang menopang berat tubuh kita sehingga mengurangi risiko cedera. Senam dapat menjadi pilihan yang baik untuk melatih gerakan fungsional dan kelentukan. Angkat beban dengan supervisi sebanyak dua kali seminggu tetap dimasukkan agar melatih otot tetap kuat menopang dan mendukung aktivitas sehari-hari. 

Kerap Terjadi Saat Olahraga, Ini Tips Penanganan dan Cegah Cedera Engkel

Minum suplemen

Kesibukan kadang membuat asupan gizi tidak tercukupi sempurna. Suplemen kalsium baik untuk tulang, selain Zinc yang mendukung regenerasi atau pembaruan sel dan Vitamin B kompleks untuk kesehatan saraf apalagi yang masih aktif melihat gadget, komputer dan rapat-rapat serta analisis data. Multivitamin akan membantu melengkapi kebutuhan tersebut bila diperlukan.

Makan buah dan sayuran

Buah di saat sarapan, makan siang, makan malam dan waktu ngemil selalu menjadi bagian dari menu. Selain vitamin dan mineral juga memberikan asupan cairan dan serat serta antioksidan. Pilih aneka macam warna buah yang berbeda ketika sarapan makan siang makan malam dan ngemil. Makan pagi atau malam pilih buah yang padat atau banyak serat seperti pepaya, apel, pear. Siang pilih buah yang banyak airnya seperti melon dan semangka. Ngemil bisa pilih pisang, apel, lengkeng, rambutan atau jeruk.
 
Rutin periksa kesehatan atau check up setahun sekali

Pemeriksaan klinis mencakup wawancara medis dan pemeriksaan fisik oleh dokter. Periksa tekanan darah tetap normal dibawah 140/90, kadar kolesterol LDL sebaiknya dibawah 100 mg/dL dan gula darah tetap normal. Tentu "batasan normal" tekanan darah dan kolesterol akan beda kalau seseorang sudah ada riwayat penyakit jantung. Pemeriksaan tambahan seperti EKG dan foto thorax menjadi bagian penting juga untuk deteksi dini penyakit jantung atau perlu tambahan lainnya sesuai pemeriksaan dokter yang memeriksa. 

Melakukan hobi bersama komunitas, atau rekreasi bersama keluarga 

Hal ini bertujuan untuk membantu meredakan stres berlebihan akibat pekerjaan agar siap menghadapi kembali rutinitas. Bergaul dengan yang muda, memberikan inspirasi, dan dengan yang seumuran untuk bercerita nostalgia membantu memberikan mood positif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya