Pengalaman Bersalin di Rumah, Kartika Putri: Aku Kontraksi di Karpet

Kartika Putri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Dwi

VIVA – Pasangan selebriti Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya tengah berbahagia karena sedang menikmati hari demi hari dengan kelahiran putri mungil mereka, Syarifah Khalisa Aghniya Bahira hari Jumat, 18 Oktober 2019. Kartika melahirkan di rumah secara normal karena memang sudah dia niatkan sejak awal kehamilannya.

Richard Lee Pertanyakan Beda Perlakuan Laporannya dengan Kartika Putri

"Alhamdulillah bahagia luar biasa, ibunya sehat, anak sehat selamat. Satu hal yang enggak dibayangin, karena lahirnya di kamar," tutur Habib Usman bin Yahya di rumahnya kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Senin malam, 21 Oktober 2019.

"Aku pribadi niat di rumah, dari awal pengin di rumah, dari awal hamil pengin home birth. Tapi karena cacar air sempat dilema baby ready enggak ya kalau di rumah, karena fasilitasnya kan enggak memadai," ujar Kartika. 

Kisruh Penangkapan Dokter Richard Lee hingga Virnie Ismail Kecelakaan

Sampai akhirnya dia memeriksa kesehatan dan juga NIPT (Non-Invasive Prenatal), kromosom bayi, ventra anomali di rumah sakit di Singapura. Itulah mengapa dia juga sempat kepikiran ingin melahirkan di Singapura.

"Semua sampel darah dikirim ke Singapura untuk pemeriksaan kromosom, jadi aku pikir kenapa enggak di Singapura sekalian aja. Akhirnya keterusan di Singapura sampai 8 bulan," ungkapnya.

Bukan Kasus Kartika Putri, Polisi Ungkap Alasan Richard Lee Ditangkap

Kondisi kandungannya sehat, bahkan Kartika sering mengalami kontraksi palsu. Usia kandungan 9 bulan, dia makin intens ke dokter dan semakin yakin bahwa bisa melahirkan di rumah Karena Terinspirasi tayangan dokumenter hewan- melahirkan.

"Saat 9 bulan 10 hari aku nonton youtube, ngelihat ada gajah lahiran, kuda lahiran, panda lahiran, aku bilang Habib, 'hewan aja bisa tahu (melahirkan normal). Sebenernya Allah udah ciptain udah bisa hamil pasti bisa lahirin. Dari situ makin yakin lahiran di rumah, tapi enggak ngomong sama Habib dan semuanya. Karena semua di sekeliling aku enggak ngedukung untuk home birth, bahkan bidannya juga enggak tahu," ujar Kartika.

Habib dan Kartika memang telah menyiapkan doula (pendamping persalinan) khusus. Kontraksi makin sering dirasakan, Kartika tetap enggan ke rumah sakit bahkan marah diajakin ke rumah sakit sama sang suami.

"Alhamdulillah doulanya cekatan. Di rumah nyaman banget ternyata, aku kontraksi di karpet, sempet bawa camilan meskipun enggak kemakan. Terus ya sudah pindah-pindah aja paling, gelisah karena pas kontraksi serba salah. Kalau di rumah sakit enggak mungkin bisa serileks itu," ungkap Kartika yang melahirkan bayi dengan berat 3,25 kilogram dan panjang 51 sentimeter tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya