Cara Olah Kedelai untuk Bantu Turunkan Kolesterol

Ilustrasi kacang kedelai.
Sumber :
  • Pixabay/Jing

VIVA – Kedelai menjadi salah satu jenis atau varietas kacang-kacangan terbaik. Hal ini lantaran kandungan kedelai yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

10 Makanan yang Bisa Turunkan Gairah Seks, Pria Wajib Tahu

Pakar kedelai dari Institute Pertanian Bogor (IPB), Dr. Rimbawan menjelaskan beberapa kandungan penting di dalam kedelai, mulai dari protein, mineral, asam lemak tak jenuh, isoflavon, prebiotik dan serat pangan.

"Kandungan zat gizi yang ada di dalamnya yang kita punya bukti, yaitu zat isoflavon yang bisa membantu menurunkan kolesterol, tidak menyebabkan asam urat meningkat dan sebagainya," kata dia di Royal Kuningan Jakarta Selatan, Sabtu, 26 Oktober 2019.

Di Tengah Ingar-Bingar Pemilu, Perajin Tahu di Jombang Menjerit Harga Kedelai Impor Naik

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa kandungan baik lainnya, yakni karbohidrat yang tidak larut. Sehingga membantu meningkatkan rasa kenyang dan menjaga rasa kenyang lebih lama.

"Indeks glikeminya yang rendah itu sehingga membuat kenyang lebih lama. Selain itu, juga meningkatkan toleransi glukosa dan insulin," ujar dia.

Anak Mudah Tertular Penyakit Akibat Imun Rendah, Pakar Imbau Cegah Pakai Tempe

Namun demikian, Rimbawan menjelaskan bahwa untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kedelai, masyarakat harus mengonsumsinya dengan benar. Misalnya, mulai dari cara pengolahan dan jumlah atau banyaknya konsumsi kedelai setiap harinya.

"Sampai dua sajian enggak ada masalah dalam jumlah yang wajar menganggap tempe, tahu lauk pauk. Jumlah sesuai, kecuali makan berlebih," kata dia.

Soal cara pengolahannya, untuk mendapatkan manfaat kesehatan seperti menurunkan kolesterol, ada baiknya mengolah kedelai jangan menggunakan suhu tinggi (proses digoreng). Dia menyarankan untuk mengolah kedelai dengan cara dikukus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya