Yang Bikin Wanita Enggak Nafsu Bercinta Pasca Melahirkan

Ilustrasi bercinta/seks.
Sumber :
  • Freepik/ijab

VIVA – Membayangkan sakitnya proses persalinan, tentu hal ini bisa membuat wanita trauma. Tak heran, jika banyak wanita mengalami takut berhubungan intim pasca melahirkan hingga tak bernafsu untuk memulai lagi keintiman dengan suami.

Sambut Kelahiran Anak Pertama, Yakup Hasibuan: Semua, Mama, Kakak-kakak Nangis

Namun umumnya, pasangan suami istri memberikan jeda waktu, untuk bisa kembali melakukan aktivitas bercinta. Biasanya pasangan harus menunggu hingga enam minggu setelah kelahiran bayi sebelum berhubungan seks lagi. Tetapi penelitian baru menyoroti bahwa tidak ada waktu "tepat" yang spesifik untuk semua orang.

Dikutip laman Health 24, seperti diketahui, pengalaman postpartum setiap wanita berbeda, para peneliti menjelaskan. Seseorang yang memiliki kelahiran yang sangat sulit dan membutuhkan jahitan mungkin berpikir enam minggu terlalu cepat. Tetapi seorang wanita yang mengalami persalinan lancar, biasanya tak takut untuk melakukan hubungan seks hanya dalam beberapa minggu.

Selamat! Jessica Mila dan Yakup Hasibuan Dikaruniai Anak Pertama

"Garis waktu enam minggu sudah ditetapkan dengan baik, tetapi kami tidak dapat menemukan bukti untuk mendukungnya," kata penulis utama studi tersebut, Andrea DeMaria, yang merupakan asisten profesor di Purdue University College of Health and Human Sciences di Lafayette, Indiana.

Benar-benar tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua waktu untuk melanjutkan aktivitas seksual, katanya. Para penulis penelitian menduga bahwa timeline enam minggu menjadi standar karena itu bertepatan dengan pemeriksaan postpartum.

Pilot Lempar Kendali ke Kopilot untuk Bantu Persalinan Ibu di Udara, Netizen: Keren!

Tetapi American College of Obstetricians dan Gynecologists, bersama dengan kelompok perawatan kesehatan wanita lainnya, baru-baru ini memperbarui pedoman perawatan nifas. Kelompok-kelompok tersebut merekomendasikan agar perempuan melakukan kontrol ke dokter dalam waktu tiga minggu setelah melahirkan, dengan janji tindak lanjut sebelum 12 minggu setelah kelahiran.

Untuk studi ini, para peneliti bertanya kepada 70 wanita Carolina Selatan tentang masalah yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi. DeMaria mengatakan sejumlah faktor membuat wanita tidak bisa lagi berhubungan seks.

"Kami menemukan bahwa beberapa wanita hanya tidak yakin tentang tubuh mereka, atau mereka memiliki rasa sakit dan ketidaknyamanan, atau mereka hanya lelah dan kelelahan karena merawat bayi baru," katanya.

Penulis studi lain, Stephanie Meier, Ph.D. Pelajar di Purdue, mengatakan sejumlah faktor psikologis dapat menjadi penghalang untuk melanjutkan seks.

Meier menjelaskan, wanita mungkin tidak merasa siap secara mental atau mungkin merasa gugup, terutama jika mereka mencoba melakukan hubungan seks dan itu tidak berjalan baik pertama kali.

Citra tubuh juga menjadi perhatian, dan beberapa wanita tidak merasa sangat nyaman tentang perubahan dalam tubuh mereka. Banyak wanita ingat menerima timeline enam minggu dari dokter mereka dan beberapa diberi tahu untuk menunggu hingga 40 hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya