Anak Kartika Putri Kena Penyakit Kuning, Jangan Dianggap Sepele

Kartika Putri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Dwi

VIVA – Belum genap 10 hari lahir, anak dari pasangan artis Kartika Putri dan Habib Usman dilarikan ke rumah sakit. Karena, bayi bernama Syarifah Khalisa Aghnia Bahira itu dikabarkan mengidap penyakit kuning.

Suami Kartika Putri Ajari Anaknya yang Berusia 4 Tahun Berpuasa Sebulan Penuh

Apa sih yang menyebabkan bayi lahir mengalami penyakit tersebut? Seperti dilansir dari Healthline, Minggu, 27 Oktober 2019, kondisi ini dikenal dengan istilah Ikterus.

Penyakit kuning pada bayi baru lahir sangat umum dan dapat terjadi ketika bayi memiliki kadar bilirubin tinggi.

Alami Masalah Kulit Seperti Luka Bakar, Kartika Putri Ungkap Pesan untuk Suaminya

Bilirubin adalah pigmen kuning yang dihasilkan selama kerusakan normal sel darah merah. Organ hati memproses bilirubin, yang kemudian melewatinya melalui saluran usus.

Namun, organ hati pada bayi yang baru lahir berkembang masih belum cukup matang untuk mengeluarkan bilirubin.

Kartika Putri Dapat Hadiah Spesial dari Suami Saat Ulang Tahun, Apa Itu?

Kabar baiknya adalah bahwa dalam kebanyakan kasus, penyakit kuning baru lahir hilang dengan sendirinya saat organ hati bayi berkembang dan ketika bayi mulai menyusu yang membantu bilirubin melewati tubuh.

Dalam kebanyakan kasus, penyakit kuning akan hilang dalam 2 hingga 3 minggu. Perlu diketahui, kadar bilirubin yang tinggi bisa membuat bayi berisiko tuli, cerebral palsy, atau bentuk lain dari kerusakan otak.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan bahwa semua bayi yang baru lahir diperiksa untuk penyakit kuning sebelum keluar dari rumah sakit, dan ketika bayi berusia antara 3 dan 5 hari.

Sebelumnya, pada Jumat, 18 Oktober 2019, Kartika Putri melahirkan anak pertamanya berjenis kelamin perempuan, dengan berat 3,25 kilogram dan panjang 51 sentimeter.

Wanita kelahiran Palembang, Sumatera Selatan itu melahirkan dengan metode home birth di rumahnya kawasan Cipete, Jakarta Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya