Ternyata, Jerawat dan Komedo Bukan karena Gak Cocok Skin Care Lho!

Ilustrasi jerawat.
Sumber :
  • Pixabay/Kjerstin_Michaela

VIVA – Kebanyakan wanita mengira, jika mereka berjerawat itu adalah indikasi tidak cocok dengan produk perawatan kulit atau skin care tertentu. Apalagi jika kamu baru mencoba skin care, biasanya tuh kamu langsung menuduh skin care tersebut adalah biang keladi munculnya jerawat di wajahmu. 

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Padahal, tidak selalu demikian lho girls. Jerawat disebabkan oleh banyak faktor, baik internal maupun eksternal. Faktor internal di antaranya, hormon dan gaya hidup tidak sehat, bisa dari makanan, kurang tidur dan stres. Sedangkan faktor eksternal, antara lain debu, kotoran, polusi dan lain sebagainya. 

Dokter Devina Nova Estikaratri menjelaskan, jerawat dan komedo bukan berarti tidak cocok dengan skin care tertentu. 

Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

"Bisa jadi gaya hidup, polusi, dan lain-lain. Jadi, faktornya sangat banyak, bisa internal dan eksternal. Jadi tidak mutlak jerawat dan komedo timbul karena tidak cocok dengan skin care," ujarnya di Jakarta, baru-baru ini. 

Devina menjelaskan, komedo bisa juga diakibatkan karena pori-pori kamu tersumbat dan sumbatan tersebut bisa disebabkan karena banyak hal, salah satunya adalah debu. 

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya

"Ketika debu itu masuk ke dalam pori-pori, di situ terbuka. Makanya ada komedo hitam ada komedo putih. Terutama kalau yang hitam seperti itu, karena ada polutan keluar," kata dia. 

Baca juga yuk: Young Lex Akui Istrinya Hamil di Luar Nikah

Kemudian, faktor lain yang dapat menyebabkan jerawat adalah lupa mencuci muka ketika pulang beraktivitas. Atau, sudah cuci muka tapi dilakukan dengan cara yang tidak benar. 

"Jadi memang faktornya banyak banget nih. Kita lupa cuci muka atau udah cuci muka tapi gak bener. Gak digosok atau gosoknya kekencengan. Banyak faktor dan banyak yang harus kita pelajari dalam merawat wajah. Nah, terus kalau kamu pakai brush, tapi brush-nya gak dicuci. Itu juga bisa jadi penyebab timbulnya jerawat," kata Devina. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya