5 Makanan yang Bikin Sperma Sehat

Buah tomat.
Sumber :
  • Pixabay/ Anelka

VIVA – Banyak yang berpikir bahwa untuk hamil hanya butuh sel telur dan sperma yang dipertemukan. Padahal, kualitas sperma berpengaruh pada peluang kehamilan.

Denny Sumargo Makan Otak Kelinci Biar Spermanya Bagus, Alhamdulillah Istrinya Hamil!

Sperma yang sehat sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan dan memperbesar peluang kehamilan. Untuk mendapatkan sperma yang berkualitas baik, sebenarnya tak butuh cara yang sulit. Berikut diet dan aktivitas lainnya yang mampu meningkatkan kualitas sperma dikutip dari laman Healthline, Selasa 29 Oktober 2019.

Konsumsi makanan tinggi vitamin

10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

Vitamin B12 sangat baik untuk kesehatan sperma. Biasanya vitamin ini terdapat di makanan seperti daging merah, ikan, dan produk susu. Makanan ini membantu melindungi sperma dari peradangan yang memicu bahaya radikal bebas di tubuh.

Vitamin C juga sangat disarankan untuk menambah jumlah sperma dengan kualitas yang baik. Sangat mudah menemukan vitamin C dalam makanan seperti jeruk, kentang, bayam, dan tomat.

Denny Sumargo dan Istri Sempat Jalani Program Hamil, Namun Gagal Karena Hal Ini

Konsumsi kacang

Kacang sudah sejak lama dikaitkan dengan ragam manfaat kesehatan seksual. Studi pada tahun 2018 lalu menemukan sebanyak 119 pria yang konsumsi diet kacang seperti almon, walnuts dan hazelnut selama 14 minggu dapat meningkatkan jumlah spermanya sebanyak 16 perdsen.

Makanan mengandung likopen

Lycopene atau likopen biasanya ada pada tomat dan semangka yang memberi efek warna merah. Efek likopen pada tubuh yaitu mengurangi reactive oxygen species (ROS). Zat tersebut dapat merusak DNA dan sperma. Konsumsi makanan mengandung likopen sebanyak 4 sampai 8 miligram per hari dapat meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma.

Konsumsi suplemen

Suplemen sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas sperma. Beberapa di antaranya vitamin C yang bisa menambah jumlah sperma, vitamin D untuk meningkatkan hormon testosteron, serta zink untuk menambah jumlah sperma.

Hindari makanan olahan

Untuk memperbaiki kualitas sperma, butuh asupan nutrisi yang tepat. Diet Western yang mencakup daging olahan sebaiknya dihindari. Selain itu, batasi produk susu secara berlebihan, makanan manis, pizza serta camilan yang kurang sehat seperti permen. Makanan tersebut dapat membuat sperma sulit bergerak dan cenderung mudah mati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya