Walaupun Enak, Kebanyakan Tidur Ternyata Memiliki Risiko Lho

Ilustrasi wanita sedang tidur.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tidur yang nyenyak dan berkualitas menjadi salah satu kebutuhan manusia. Sebab, hanya dengan cara ini, manusia dapat mengistirahatkan organ-organ tubuhnya. Saat dilakukan malam hari, tidur memiliki banyak manfaat, yakni membantu meningkatkan suasana hati, kinerja tubuh, menjaga berat badan dan mengatur gula darah.

5 Posisi Bercinta yang Bikin Cepat Orgasme dan Tidur Jadi Nyenyak

Dilansir dari Times of India, Minggu 3 November 2019, seseorang disarankan untuk tidur 7-8 jam setiap malam agar tetap sehat dan bugar. Meski demikian, anjuran ini tidak bisa sepenuhnya dilakukan dengan berbagai macam alasan. Sehingga, waktu untuk tidur bisa jadi kurang dari yang disarankan.

Parahnya, jika di hari kerja seseorang beristirahat kurang dari waktu anjuran, kerap dilampiaskan pada akhir pekan.
Di akhir pekan atau saat libur, seseorang seringkali menghabiskan waktu untuk tidur seharian. Padahal, terlalu banyak tidur ternyata bisa menimbulkan efek samping aneh.

Mandi Air Hangat Ternyata Bisa Bakar Kalori Hingga Turunkan Gula Darah

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford, semakin lama kamu tidur, kamu akan memimpikan orang asing. Studi ini dilakukan pada 846 peserta, di mana para peneliti memeriksa mimpi buruk yang dialami peserta dan tingkat keparahannya.

Baca juga: Survei: Orang Indonesia sadar kesehatan lingkungan tapi malas gerak

Bahayakah Minum Susu Malam Hari Bagi Penyandang Diabetes? Begini Penjelasan Ahli

Hasil penelitian menunjukkan, satu dari 20 orang mengalami mimpi buruk setiap minggu. Sedangkan frekuensi mimpi buruk lebih besar menimpa orang yang menderita masalah mental.

Selain itu, peserta yang tidur lebih lama setiap malam berisiko 35 persen lebih sering mengalami mimpi buruk. Durasi tidur yang lebih lama, diartikan lebih dari 9 jam. Tidak hanya itu, orang yang tidur kurang dari 7 jam per hari, terkadang juga mengalami mimpi aneh.

Terlepas dari hal itu, para peneliti juga mempelajari efek konsumsi alkohol pada mimpi seseorang. Hasilnya, ditemukan bahwa kandungan etanol dalam alkohol dapat menginduksi pergerakan mata yang cepat.

Sehingga, ada kemungkinan orang yang mengonsumsi alkohol di malam hari sebelum tidur, mungkin tidak bermimpi sama sekali sepanjang malam jika dilakukan secara intens.

Intinya, jika kamu tidak ingin mengalami mimpi buruk di malam hari, tidurlah dengan durasi yang cukup, yaitu antara 7 - 9 jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya