3 Masalah Kesehatan Ini Bisa Berkembang Gara-gara Asam Urat

Ilustrasi kaki/kesemutan/varises/ asam urat
Sumber :
  • Pexels/EVG photos

VIVA – Asam urat atau penyakit gout merupakan penyakit akut yang ditandai dengan adanya peradangan di persendian. Kondisi ini disebabkan adanya penumpukan asam urat dalam darah sehingga memicu rasa nyeri di sendi.

Suplemen Jepang Diduga Picu Masalah Ginjal dan Kematian, Telah Dipasarkan ke Sejumlah Negara

Asam urat terjadi akibat kristal asam urat yang menumpuk di beberapa bagian tubuh sehingga memicu radang. Penumpukan tersebut cenderung dipicu oleh makanan tertentu yang mengandung kristal asam urat.

Asam urat yang dibiarkan dan cenderung tak diatasi, membuat rasa nyeri kian bertambah. Tak jarang, kondisi asam urat yang kronis memicu pada berbagai permasalahan kesehatan lebih berbahaya dan parah.

5 Tewas dan Lainnya Dilaporkan Gagal Ginjal Diduga Usai Konsumsi Suplemen Buatan Perusahaan Jepang

Sehingga, sangat penting untuk pengidap asam urat agar berkonsultasi pada dokter guna meminimalisir asam urat terjadi. Berikut beberapa komplikasi jika asam urat dibiarkan, dikutip dari laman Healthline, Selasa 5 November 2019.

Kurang tidur yang memicu stres

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Asam urat yang dibiarkan membuat rasa nyeri kian terasa. Hal itu memicu tubuh mengalami penurunan durasi tidur yang bisa menyebabkan kelelahan dan stres. Selain itu, rasa nyeri akibat asam urat bisa menghambat aktivitas keseharian seperti sulit berjalan.

Batu ginjal

Kristal asam urat yang menumpuk memicu rasa sakit sebagai gejala khas asam urat. Hal ini bisa berdampak pada masalah di ginjal yaitu batu ginjal. Krsital yang kian menumpuk bisa membentuk batu ginjal semakin besar dan berbahaya untuk fungsi kerja ginjal.

Penyakit jantung

Asam urat yang sudah kronis bisa memicu kondisi tekanan darah tinggi. Dengan adanya tekanan darah tinggi yang tak terkontrol, penyakit jantung seperti gagal jantung dan penyakit jantung koroner lebih rentan mengintai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya