Enggak Semuanya Jahat, 4 Jenis Lemak Ini Justru Bisa Bikin Langsing

Ilustrasi timbangan berat badan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Lemak cenderung dinilai jelek karena dianggap sebagai pemicu peningkatan berat badan. Padahal, enggak semua lemak berperan dalam hal itu, lho. Apalagi, pilihan lemak yang tepat malah bisa membantu menurunkan berat badan.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Lemak merupakan bagian dari makro nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membangun energi. Namun, asupan lemak perlu dibatasi khususnya pada jenis lemak jenuh.

Untuk jenis lemak sendiri ada dua yaitu lemak jenuh dan baik. Pada lemak jenuh, seringnya ditemui pada makanan cepat saji atau gorengan yang diolah dengan menggunakan banyak minyak dan sangat panas, sehingga berisiko memicu kolesterol meningkat dan membahayakan jantung.

Mau Perawatan Menyeluruh dari Wajah Sampai Tubuh? Ini Pilihannya

Sementara, jenis lemak baik, dapat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh sekaligus memangkas lemak berlebih. Nah, biar enggak salah pilih, berikut beberapa jenis lemak baik yang ampuh turunkan berat badan, dikutip dari laman NDTV, Jumat 8 November 2019.

Minyak zaitun

Olahraga saat Puasa Sampai Keluar Keringat Gobyos Tanda Banyak Lemak Terbakar? Ini Kata Ahli

Minyak zaitun mengandung monounsaturated fatty acids (MUFA), yakni lemak baik yang mampu menangkal penyakit jantung, kolesterol dan gula darah tinggi. Asupan minyak zaitun membantu menstimulasi sistem pencernaan sehingga membuat makanan dicerna dengan baik. Dengan sistem pencernaan yang sehat, khususnya usus, jadi kunci untuk menurunkan berat badan.

Alpukat

Buah berwarna hijau ini juga sering disebut sebagai makanan super. Alpukat merupakan makanan rendah kabohidrat dengan lemak yang tinggi. Alpukat mampu mengubah gula menjadi energi dan bertahan lama di dalam tubuh. Ia juga mengandung serat yang tinggi untuk mencegah konstipasi, meningkatkan pencernaan, dan kesehatan usus besar.

Kacang

Kacang mengandung asam lemak omega 3 yang sangat sehat untuk jantung dan berkontribusi dalam meningkatkan proses metabolisme untuk membakar lemak. Kacang juga bisa membuat rasa kenyang lebih lama sehingga membuat tubuh tak mengonsumsi makanan yang berlebihan.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung medium chain fatti acids (MCFAs), yakni salah satu jenis lemak yang paling sehat yang ampuh membantu bobot tubuh menurun. Lemak di dalam minyak kelapa berguna untuk memupuk energi di tubuh dan tidak disimpan menjadi cadangan lemak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya