Enggak Cuma Ashanty, 5 Seleb Hollywood Ini Juga Idap Autoimun

Selena Gomez
Sumber :
  • Instagram/selenagomez

VIVA – Ashanty belum lama ini mengungkapkan bahwa dirinya didiagnosis mengidap penyakit autoimun. Perasaannya campur aduk ketika mengetahui soal penyakit itu. Ia pun menyerahkan segalanya kepada Yang Maha Kuasa.

Selain Diserang Stroke, Cori Broadus Juga Alami Sakit Lupus di Usia Muda 

Ashanty memang tidak merinci secara jelas penyakit autoimun apa yang dideritanya. Selain istri Anang Hermansyah itu, sejumlah artis internasional ternyata juga sempat didiagnosis menderita penyakit autoimun. Beberapa di antaranya menderita lupus.

Seperti dilansir dari Healthline, lupus adalah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan di berbagai organ. Gejala dapat berkisar dari ringan hingga berat bahkan tidak ada, tergantung pada individu. Gejala awal yang umum termasuk, kelelahan, demam, kekakuan sendi, ruam kulit, dan rambut rontok.

Shena Malsiana Sempat Idap Sakit Lupus Hingga Fungsi Ginjal Menurun Sebelum Meninggal

Menurut The Johns Hopkins Lupus Center, sekitar 1 dari 2.000 orang di Amerika Serikat menderita lupus, dan 9 dari 10 diagnosa terjadi pada wanita. Gejala awal dapat terjadi pada usia remaja dan meluas ke orang dewasa di usia 30-an.

Meskipun tidak ada obat untuk lupus, banyak orang dengan lupus hidup relatif sehat dan bahkan hidup yang luar biasa.

Fahmi Bo Tuangkan Perjuangan Hidupnya dalam Sebuah Buku

Selena Gomez

Selena Gomez

Selena Gomez, aktris dan penyanyi pop Amerika, mengungkap menderia lupus lewat sebuah post di Instagram. Ia juga mendokumentasikan transplantasi ginjal yang dibutuhkan karena penyakit ini.

Selama menderita lupus, Selena harus membatalkan tur, menjalani kemoterapi, dan mengambil cuti dari kariernya untuk sembuh kembali. Ketika pulih, dia menganggap dirinya sangat sehat.

Lady Gaga

Lady Gaga di karpet merah Oscar 2019

Meskipun tidak pernah menunjukkan gejala, penyanyi, penulis lagu, dan aktris Amerika ini diuji batas positif untuk lupus pada tahun 2010.

"Jadi sampai sekarang, Saya tidak memilikinya. Tapi saya harus merawat diri sendiri," kata dia

Dia melanjutkan bahwa  bibinya meninggal karena lupus. Meskipun ada risiko yang lebih tinggi untuk terserang penyakit ini ketika seorang kerabat memilikinya, masih mungkin penyakit tersebut tidak aktif selama bertahun-tahun - mungkin sepanjang hidup seseorang.

Toni Braxton

Toni Braxton

Penyanyi peraih Grammy Award ini secara terbuka berjuang melawan lupus sejak 2011. "Beberapa hari aku tidak bisa menyeimbangkan semuanya." Aku hanya harus berbaring di tempat tidur. Cukup banyak ketika Anda memiliki lupus Anda merasa seperti Anda menderita flu setiap hari. Tetapi beberapa hari Anda bisa melewatinya.

Tetapi bagi saya, jika saya merasa tidak enak badan, saya cenderung memberi tahu anak-anak saya, 'Oh, ibu hanya akan bersantai di tempat tidur hari ini.' Saya agak santai saja."

Meskipun beberapa kali dirawat di rumah sakit dan mendedikasikan hari untuk istirahat, Braxton mengatakan dia masih tidak pernah membiarkan gejalanya memaksanya untuk membatalkan pertunjukan.

Nick Cannon

Nick Cannon.

Nick Cannon, seorang rapper Amerika yang multitalenta, aktor, komedian, sutradara, penulis skenario, produser, dan pengusaha. Ia didiagnosis lupus pada tahun 2012 dan mengalami gejala yang parah, termasuk gagal ginjal dan gumpalan darah di paru-parunya.

“Itu sangat menakutkan hanya karena Anda tidak tahu. Anda belum pernah mendengar tentang (lupus). Saya tidak tahu apa-apa tentang hal itu sampai saya didiagnosis. Tetapi bagi saya , sekarang saya lebih sehat daripada sebelumnya," kata dia.

Seal

Heidi Klum dan Seal

Penyanyi / penulis lagu Inggris pemenang penghargaan ini pertama kali menunjukkan tanda-tanda jenis lupus tertentu yang disebut discoid lupus erythematous pada usia 23 dengan munculnya jaringan parut wajah.

Meskipun ia tidak berterus terang tentang lupus seperti selebriti lain yang hidup dengan penyakit itu, Seal sering berbicara tentang seni dan musiknya sebagai sarana untuk menyalurkan rasa sakit dan penderitaan.

"Saya percaya bahwa dalam semua bentuk seni pasti ada beberapa kesulitan awal: itulah yang membuat seni, sejauh yang saya ketahui. Dan itu bukan sesuatu Anda hidup lebih lama: begitu Anda mengalaminya, itu selalu bersama Anda. "

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya