Tak Cuma Buat Orgasme, Ternyata Klitoris Punya Manfaat Lain

Ilustrasi Klitoris
Sumber :
  • pixabay/janeb13

VIVA – Klitoris selama ini dianggap menjadi kunci keberhasilan orgasme pada perempuan. Tapi yang tidak banyak diketahui bahwa klitoris bukan hanya untuk kesenangan semata. Ia juga juga penting untuk reproduksi. 

Terpopuler: Seks di Pagi Hari untuk Dapat Keturunan hingga Negara Termurah Buat Dikunjungi

Menurut sebuah penelitian yang di Jurnal Clinical Anatomy, stimulasi klitoris memicu gelombang peristiwa yang menarik, dari otak ke saluran genital wanita. Perubahan tersebut termasuk peningkatan aliran darah vagina, pelumasan dan peningkatan suhu vagina. 

Ketiga hal itu sangat penting dalam memfasilitasi kemungkinan keberhasilan reproduksi. Penulis utama studi itu, Roy J. Levin dari Universitas Sheffield di Inggris, juga menjelaskan bahwa plus terbesar dalam stimulasi klitoris adalah ketika serviks berubah posisi. 

4 Posisi Seks Aman, Anti Nyeri Buat Pasangan yang Punya Penis Ukuran Jumbo

Melakukan hal itu mencegah air mani dari perjalanan ke rahim terlalu cepat, meningkatkan kemungkinan mereka akan membuahi sel telur. Dan temuan itu bukan hanya satu kasus besar untuk orgasme wanita, mereka juga menambah argumen untuk mengakhiri masalah hak asasi manusia yang kontroversial. 

Klitoridektomi, atau penyunatan pada wanita, telah memengaruhi lebih dari 200 juta anak perempuan dari 30 negara di Afrika, Timur Tengah dan Asia, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. Praktik tersebut harus berada di bawah pengawasan ketat karena pengaruhnya terhadap reproduksi.

Seks di Pagi Hari Lebih Mudahkan Pasangan dapatkan Keturunan?

"Mantra yang sering diulang, bahwa satu-satunya fungsi klitoris adalah untuk menginduksi kesenangan seksual, sekarang sudah usang, Konsepnya mengubah keyakinan seksual utama, dan bukti fisiologis sekarang jelas," kata Levin. 
 

ilustrasi organ intim/vagina/ keputihan

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Masih banyak wanita yang mengalami masalah kewanitaan, seperti infeksi saluran kemih maupun problem di area vagina. Beberapa masalah lain di antaranya vaginitis atrofi.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024