Baru Sunat di Usia Dewasa, Kapan Bisa Hubungan Intim Lagi?

Ilustrasi sunat
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Banyak masyarakat kini tidak lagi melakukan sirkumsisi atau sunat hanya karena anjuran agama. Mayoritas dari mereka semakin sadar bahwa sunat juga punya manfaat bagi kesehatan, terutama dalam menjaga kebersihan alat vital. 

China Gelar Kompetisi Sunat Online, Diikuti Puluhan Dokter Bedah

Maka tidak heran jika banyak masyarakat yang baru melakukan sunat saat dewasa. Melakukan sunat saat dewasa tentu memiliki tantangan tersendiri. Mulai dari metode yang mesti dipilih hingga seberapa lama sunat itu akan sembuh.

Baca juga: Pria Tidak Disunat Lebih Berisiko Derita Kanker Penis, Benarkah?

Baru 2 Hari Sunat Udah Lompat-lompat, Arsya Buat Ashanty Ketakutan

Tapi, mereka yang telah menikah juga merasa khawatir tidak bisa berhubungan intim dalam waktu yang lama setelah disunat karena masa pemulihannya.

"Kalau secara teknis teknik sunat dengan klem ini bisa dilakukan untuk dewasa, tapi balik lagi ke tujuan. Tapi kalau untuk dewasa memang lebih disarankan dengan gun stapler," ungkap dokter dari Rumah Sunat Mahdian, dr Hengki Prabowo Irianto, SpB, saat ditemui di Lamina Pine & Spine Center, Jakarta. 

Indonesia Urutan Pertama Paling Banyak Pria Disunat di Asia Tenggara

Hengki menjelaskan, untuk metode sunat klem biasanya akan pulih dalam waktu empat hingga lima hari. Setelah, itu bisa dilakukan konsultasi dan bisa kembali beraktivitas kembali. 

Sedangkan untuk sunat menggunakan gun stapler cenderung pulih lebih cepat, yakni dalam waktu kurang lebih tiga hari. Meski demikian, proses penyembuhan tiap orang berbeda-beda.

"Atau mungkin idealnya setelah seminggu, nanti setelah kontrol dan proses penyembuhan, baru setelah itu bisa melakukan aktivitas, terutama untuk melakukan hubungan intim," kata dr. Encep Wahyudan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya