Hari Diabetes Sedunia, Cek Gula Darah Sejak Usia 15 Tahun

Ilustrasi pengecekan diabetes.
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA – Memperingati Hari Diabetes Sedunia, ajakan untuk hidup sehat agar terhindar dari diabetes terus digaungkan. Apalagi kini, diabetes bukan hanya menyerang mereka yang sudah masuk usia tua. Faktanya menunjukkan bahwa diabetes kini banyak diidap oleh mereka yang masih berusia muda.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

"Kalau di lihat dari angka besaran kita yang ada, maka usia penderita diabetes tadi, sudah mulai dari usia 30-an tahun. tetapi kalau kita lihat sebelum orang diabetes di usia 30 tahun, berarti dia punya faktor risiko yang sudah ada sejak usia yang lebih muda lagi," ungkap Kepala Bidang P2P Dinkes DKI Jakarta,  dr. Dwi Octavia T. L., M.Epid, saat ditemui di Universtias Yarsi, Jakarta, Kamis, 14 November 2019.

Dwi menjelaskan bahwa dari data yang sudah diketahui, faktor risiko paling tinggi itu karena kegemukan. Di Jakarta sendiri, lanjut dia, banyak masyarakat yang masih malas untuk melakukan aktivitas fisik. Akibatnya angka obestias di Jakarta cukup tinggi, yakni sekitar 30 persen.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

"Kemudian angka perokok masih cukup tinggi, 6 persen kalau dikelompokkkan laki-laki dan perempuan, kalau pada laki-laki aja kelompok persentasenya jauh lebih besar. Kemudian juga kurnag makan sayur dan buah itu tinhgi seklai di Jakarta ini," kata Dwi.

Menurutnya, masyarakt harus diingatkan kembali untuk mengonsumsi diet seimbang seperti sayur dan juga buah-buahan. Ia juga menganjurkan masyarakat untuk rutin memeriksakan gula darah. Untuk anak muda sendiri, kapan sih sebaiknya melakukan cek gula darah?

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

"Targetnya usia 15 tahun untuk cek diabetes, tentu harus cek diabetes yang labih awal 15 tahun kita libatkan melakukan skrining," kata Dwi.

Dengan melakukan pemeriksaan lebih dini maka faktor risiko diabtes bisa lebih diketahui. Dengan demikian akan mengurangi angka diabetes terutama di usia muda. Selamat Hari Diabetest Sedunia!

Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024