Ortho-K, Koreksi Mata Minus dan Silinder Tanpa Bedah

Ilustrasi bulu mata.
Sumber :
  • Freepik/javi_indy

VIVA – Mata merupakan indera yang sangat penting karena dalam kehidupan sehari-hari manusia mendapatkan sebagian besar informasi melalui mata. Namun beberapa orang dapat mengalami masalah penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat dan silinder sehingga memerlukan alat bantu optik, seperti kacamata atau lensa kontak untuk mengembalikan fungsi penglihatan.

Pernah Dibully karena Mata Minus Tinggi, Kini Ayesha Dapat Bantuan

Kebiasaan yang kurang baik pada orang dewasa maupun anak-anak seperti membaca menggunakan komputer, laptop dan gawai juga menatap layar TV terlalu dekat dan penggunaan dalam jangka waktu lama, serta kurang beraktivitas di luar ruang, merupakan beberapa faktor penyebab meningkatnya rabun jauh atau miopia.

JEC Eye Hospitals & Clinics sebagai rumah sakit terlengkap dan termodern di Indonesia hadir dengan Contact Lens Service guna membantu pasien yang mengalami gangguan refraksi, dengan menyediakan beragam lensa kontak sesuai dengan kebutuhan serta kondisi kornea tiap pasien. Selain lensa kontak, JEC juga memiliki salah satu metode alternatif untuk mengoreksi kelainan refraksi mata minus dan silinder tanpa bedah yaitu Lensa kontak khusus Orthokeratology atau Ortho-K.

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

“Metode Ortho-K dapat menjadi alternatif untuk koreksi kelainan refraksi mata minus atau silinder bagi penderita yang ingin terbebas dari pemakaian kacamata namun tidak memenuhi persyaratan untuk tindakan LASIK,” kata DR. dr. Tri Rahayu, SpM(K), FIACLE, dokter mata subspesialis lensa kontak dan Ketua Contact Lens Service JEC.

Ortho-k adalah suatu prosedur penggunaan lensa kontak yang di desain khusus untuk mengoreksi dan menghambat penambahan minus pada mata penggunanya. Pada metode Ortho-K, penderita akan memakai lensa kontak khusus sepanjang malam ketika tidur.
Lensa Ortho-K bekerja dengan mendatarkan permukaan kornea sehingga ketika dilepas saat bangun tidur, pasien dapat melihat dengan jelas dan dapat beraktivitas tanpa bantuan kacamata sepanjang hari.

Transformasi Digital Kian Optimalkan Kualitas Layanan Kesehatan Mata

Ortho-k yang disediakan oleh JEC terbuat dari bahan lensa kontak yang Hyper-Oxygen Transmissibility dan High Durability, sehingga memungkinkan kornea mata tetap mendapat asupan oksigen yang baik. Metode ini dapat menangani penderita kelainan refraktif hingga minus 6 dan silinder 2.50, juga relatif aman pada mereka yang memiliki alergi.

“Kami mengharuskan pasien untuk berkonsultasi sebelum menjalani metode Ortho-K dengan dokter spesialis mata untuk memastikan pasien mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi matanya. Selama menjalani metode ini, pasien juga harus rutin berkonsultasi sesuai arahan dokter,” tambah DR. dr. Tri Rahayu, SpM(K), FIACLE, Ketua Contact Lens Service JEC seperti dikutip lewat rilis yang diterima VIVA.

Ilustrasi kacamata.

6 Cara Efektif Mengurangi Mata Minus bagi Penderita dengan Tingkat Minus Rendah

Mata minus atau disebut juga miopia, adalah kondisi di mana mata tidak dapat fokus pada objek yang jauh dengan jelas. Ini umum terjadi dan bisa memengaruhi kualitas hidup

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024